Rusia membantah laporan soal Presiden China Xi Jinping mewanti-wanti Presiden Vladimir Putin agar tak pakai senjata nuklir di Ukraina. (AFP/Gavriil Grigorov)



CNN Indonesia
Jumat, 07 Jul 2023 14:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia membantah laporan soal Presiden China Xi Jinping mewanti-wanti Presiden Vladimir Putin agar tak pakai senjata nuklir di Ukraina.
Momen itu disebut berlangsung saat Xi Jinping berkunjung ke Moskow pada Maret lalu.

"Tidak, saya tidak bisa mengonfirmasi hal itu," kata juru bicara Istana Kepresidenan Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan di Moskow saat ditanya soal tanggapan atas laporan media tersebut pada Rabu (5/7).

Peskov mengatakan Rusia dan China telah merilis pernyataan lengkap soal detail pertemuan Xi dan Putin dan apa saja yang kedua presiden bicarakan pada Maret lalu.

Karena itu, menurut Peskov, segala laporan soal pertemuan Xi-Putin yang berbeda dengan pernyataan resmi merupakan "fiksi" atau karangan.

Dikutip The Guardian, Presiden China Xi Jinping dilaporkan waswas akibat invasi Rusia ke Ukraina yang telah berlangsung hampir 1,5 tahun makin panas dan belum ada tanda-tanda akan mereda.

Xi sampai disebut memperingatkan Presiden Vladimir Putin secara langsung terkait invasi Rusia saat berkunjung ke Moskow pada Maret lalu.

Keraguan Xi terhadap invasi Rusia ini diungkap oleh Financial Times dengan mengutip beberapa pejabat negara Barat dan China.

Dikutip The Telegraph, Xi disebut mewanti-wanti Putin secara tegas agar tidak menggunakan senjata nuklir di Ukraina.

Laporan ini muncul tak lama setelah Ukraina baru-baru ini memperingatkan dunia bahwa Rusia mungkin telah menempatkan bahan bakar peledak di atap pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia.

Pembangkit nuklir yang terus menjadi salah satu titik panas perang Rusia vs Ukraina itu merupakan yang terbesar di Eropa.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Moskow mungkin berencana meledakkan pembangkit listrik itu untuk mensimulasikan serangan terhadap fasilitas militer Kyiv.

(rds)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230707120328-134-970636/rusia-bantah-xi-jinping-wanti-wanti-putin-soal-nuklir-itu-fiksi

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -