Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un inspeksi pabrik senjata utama pendukung sistem persenjataan nuklir. Dia janji akan meningkatkan kesiapan perang Korea Utara. Foto/KCNA



Muhaimin
Minggu, 06 Agustus 2023 - 12:15 WIB

SEOUL - Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut), menginspeksi pabrik-pabrik senjata utama, termasuk yang memproduksi sistem artileri dan kendaraan untuk rudal balistik berkemampuan nuklir.

Di sela-sela inspeksinya, dia berjanji untuk mempercepat upaya memajukan persenjataan dan kesiapan perang militernya.

Menurut media pemerintah Korut, yang dilansir AP, Minggu (6/8/2023), inspeksi Kim Jong-un berlangsung tiga hari hingga Sabtu kemarin.

Itu dilakukan ketika Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) bersiap untuk putaran berikutnya dari latihan militer gabungan yang direncanakan akhir bulan ini untuk mengatasi ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.

Ketegangan di Semenanjung Korea berada pada level tertinggi dalam beberapa tahun karena laju uji coba rudal Korea Utara dan latihan militer gabungan AS-Korea Selatan, yang digambarkan Kim sebagai latihan invasi.

Beberapa pakar mengatakan inspeksi Kim ke pabrik senjata juga dapat dikaitkan dengan kemungkinan kerja sama militer dengan Moskow yang mungkin melibatkan pasokan artileri dan amunisi Korea Utara lainnya saat Presiden Rusia Vladimir Putin menjangkau negara lain untuk mendapatkan dukungan dalam perangnya di Ukraina.

Selama kunjungan Kim Jong-un ke pabrik yang tidak disebutkan detail, yang memproduksi sistem artileri kaliber besar, dia menekankan tanggung jawab dan tugas penting pabrik dalam menyempurnakan kesiapan perang Korut.

"Kim memuji upaya pabrik untuk menggunakan langkah-langkah sains dan teknologi untuk meningkatkan kualitas peluru, mengurangi waktu pemrosesan untuk tabung propelan dan meningkatkan kecepatan produksi, tetapi juga menyerukan perlunya mengembangkan dan memproduksi jenis peluru baru," tulis KCNA dalam laporannya.

Di truk peluncur manufaktur pabrik lain yang dirancang untuk mengangkut dan menembakkan rudal balistik, Kim Jong-un mengatakan peningkatan pasokan kendaraan adalah prioritas utama militer dan memuji para pekerja karena membangun "fondasi yang kuat" untuk produksi.

Di sebuah pabrik yang memproduksi mesin untuk rudal jelajah dan drone, Kim Jong-un menyerukan produksi "berkembang pesat".

Perhentian Kim Jong-un juga termasuk pabrik senjata kecil, di mana dia menekankan perlunya memodernisasi senjata yang dibawa oleh tentara.

Foto-foto yang diterbitkan oleh media pemerintah menunjukkan Kim Jong-un menembakkan setidaknya dua senapan berbeda dari sebuah meja.

Dalam menghadapi konfrontasi yang semakin dalam dengan Washington dan Seoul, Kim Jong-un telah mencoba meningkatkan visibilitas kemitraannya dengan Moskow dan Beijing saat dia mencoba untuk keluar dari isolasi diplomatik dan memasukkan dirinya ke dalam front persatuan melawan Amerika Serikat.

Kunjungannya ke pabrik senjata dilakukan setelah parade militer raksasa bulan lalu di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, di mana Kim bergabung dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan seorang pejabat partai yang berkuasa di China saat meluncurkan misil terkuatnya yang dirancang untuk menargetkan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Kehadiran Shoigu pada parade 27 Juli, yang terjadi setelah Kim Jong-un membawanya dalam tur pameran senjata domestik, menunjukkan dukungan Korea Utara untuk invasi Rusia ke Ukraina dan menambah kecurigaan bahwa Korea Utara bersedia memasok senjata ke Rusia untuk mendukung upaya perangnya.

Cheong Seong Chang, seorang analis di Institut Sejong Korea Selatan, mengatakan kunjungan Kim Jong-un ke pabrik-pabrik tersebut kemungkinan memiliki tujuan ganda untuk mendorong modernisasi senjata yang diproduksi di dalam negeri dan memeriksa artileri dan pasokan lain yang mungkin dapat diekspor ke Rusia.

"Komentar Kim Jong-un di pabrik artileri tentang peningkatan kualitas peluru dan kebutuhan untuk mengembangkan jenis amunisi baru, yang dia gambarkan sebagai kunci untuk proyek ekonomi pertahanan negara itu, jelas mengomunikasikan niat untuk ekspor ke Rusia," kata Cheong.

Korea Utara telah bersekutu dengan Rusia atas perang di Ukraina, bersikeras bahwa "kebijakan hegemonik" Barat pimpinan AS memaksa Moskow untuk mengambil tindakan militer untuk melindungi kepentingan keamanannya.

Namun Pyongyang membantah tuduhan AS bahwa pihaknya telah memberikan senjata kepada Rusia untuk membantu pertempurannya di Ukraina.

Cheong mengatakan komentar Kim Jong-un di pabrik tentang pembuatan truk peluncur rudal dapat menunjukkan bahwa Korut melihat beberapa kemajuan dalam meningkatkan produksi kendaraan tersebut, yang mungkin akan meningkatkan jangkauan operasional senjata balistiknya yang dirancang untuk menargetkan rival tetangganya dan daratan AS.

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1169165/40/kim-jong-un-inspeksi-pabrik-senjata-penyokong-nuklir-janji-tingkatkan-kesiapan-perang-korut-1691298536?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -