Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: Mikhail Klimentyev/Sputnik/AP Photo



CNN Indonesia
Senin, 03 Apr 2023 17:02 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia akan segera memindahkan senjata nuklir taktis ke dekat perbatasan Belarus dan negara-negara anggota aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).
Dalam pernyataannya, Duta Besar Rusia untuk Belarus Boris Gryzlov, mengatakan senjata nuklir taktis Rusia akan segera dipindahkan ke dekat perbatasan. Namun ia tak mengungkap lokasi pastinya.

"Itu (senjata nuklir taktis) akan memperluas kemampuan pertahanan kami, dan akan tetap dilakukan terlepas dari semua kebisingan dari Eropa dan Amerika Serikat," kata Gryzlov, dikutip dari The Guardian.


Pernyataan Gryzlov disampaikan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan rencana penempatan senjata nuklir taktis di wilayah Belarus.


Untuk menunjukkan keseriusannya, Putin memastikan pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di Belarus akan dirampungkan pada 1 Juli 2023.

Rusia pun turut membantu modernisasi pesawat tempur Belarus agar mampu membawa senjata nuklir. Dilansir dari CNN, Rusia membantu Belarus mengubah 10 pesawat pembawa hulu ledak nuklir taktis dan bakal melatih pilot untuk menerbangkan pesawat itu.


Belarus yang berada di perbatasan sebelah barat Rusia, adalah salah satu sekutu terdekat bagi Moskow. Negara ini membantu Rusia meluncurkan invasi pertamanya ke Ukraina pada Februari 2022 lalu.

Belakangan ini muncul dugaan bahwa Belarus akan kembali dimanfaatkan sebagai lokasi peluncuran ofensif. Bahkan para pengamat juga khawatir pasukan militer Belarus akan ikut bergabung dalam konflik di Ukraina.

(dna/dan)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230403151330-134-932937/rusia-kebut-bangun-fasilitas-senjata-nuklir-taktis-di-belarus

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -