Fasilitas nuklir Iran. (AP Photo/ISNA, Hamid Foroutan)



CNN Indonesia
Jumat, 05 Mei 2023 15:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Israel waswas saat ini Iran sudah bisa membuat bom nuklir dari pengayaan uranium.
Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengungkapkan pada Kamis (5/5) bahwa Iran telah melakukan pengayaan uranium hingga bisa bikin lima bom nuklir.

"Jangan bikin kesalahan. Iran tidak Iran sejauh ini mencapai pengayaan materi (uranium) sebesar 20 persen dan 60 persen untuk membuat lima bom nuklir," ujar Gallant kepada politikus Yunani Nikolaos Panagiotopoulos, seperti dikutip dari The Times of Israel.

"Kemajuan Iran dan pengayaan (uranium) hingga 90 persen akan menjadi kesalahan besar di pihak Iran dan dapat menyulut api di kawasan," Gallant menambahkan.

Iran sejauh ini diyakini belum memperkaya uranium hingga 90 persen sebagai syarat untuk membuat senjata nuklir. Namun, Iran bisa melakukan dengan cepat untuk melakukan pengayaan itu jika dibutuhkan.

Iran dinilai telah melanggar batas pengayaan uranium 20 persen dan 60 persen sesuai program pembatasan nuklir 2015.

Pelanggaran tersebut semakin menjadi-jadi sejak Presiden AS saat itu, Donald Trump, membuat AS menarik diri dari kesepakatan nuklir 2018 dan memperkuat sanksi untuk Iran.

Negara-negara Barat juga mengingatkan pengayaan uranium hingga 60 persen bukan lagi dimanfaatkan untuk penggunaan sipil.

Sebelumnya, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengonfirmasi bahwa partikel uranium Iran kini sudah mencapai 83,7 persen.

Partikel itu ditemukan di Pabrik Bahan Bakar Fordow Iran (Fordow Fuel Enrichment Plant/FFEP), sebuah fasilitas nuklir bawah tanah yang terletak 20 mil timur laut Kota Qom.

IAEA mencatat temuan ini tak sesuai dengan klaim Iran mengenai batas pengayaan di pabrik tersebut.

Menurut laporan IAEA, Teheran punya persediaan uranium yang sudah melewati pengayaan hingga 60 persen atau dalam artian tumbuh dari 25,2 kilogram menjadi 87,5 kilogram sejak triwulan terakhir.

(bac)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230505143951-120-945750/israel-waswas-iran-sudah-bisa-bikin-bom-nuklir

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -