Jumlah hulu ledak nuklir di dunia dilaporkan meroket ke angka 9.576. Jika digabungkan, kekuatan hulu ledak nuklir global itu setara 135 ribu bom Hiroshima. (AP)



CNN Indonesia
Jumat, 31 Mar 2023 04:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah hulu ledak nuklir di dunia dilaporkan meroket ke angka 9.576. Jika digabungkan, kekuatan hulu ledak nuklir global itu setara dengan 135 ribu bom Hiroshima di akhir Perang Dunia II.
Data ini terungkap dalam laporan teranyar kelompok pemantau Nuclear Weapons Ban Monitor dan Federation of American Scientists yang dirilis pada Rabu (29/3).


Direktur Nuclear Information Project at the Federation of American Scientists, Hans M. Kristensen, lantas mengungkap bahwa peningkatan hulu ledak itu paling banyak tersebar di Rusia, China, India, Korea Utara, dan Pakistan.

"[Mereka] meningkatkan pasokan hulu ledak pada 2022, sehingga meningkat hingga 136 hulu ledak dari 9.440 hulu ledak yang siap pakai pada 2022 menjadi 9.576 pada 2023," ucapnya, seperti dikutip kantor berita Anadolu.


Peningkatan ini mengandaskan harapan pengurangan senjata nuklir dunia. Harapan itu sempat naik ketika penambahan senjata nuklir sempat turun pada 2022.

Memasuki awal tahun ini, tercatat terdapat 12.512 hulu ledak di dunia. Namun, 2.936 di antaranya sudah tak dapat digunakan.

Dengan demikian, kini tercatat 9.576 hulu ledak nuklir di dunia. Menurut pemberitaan Anadolu, kekuatan keseluruhan hulu ledak itu setara dengan lebih dari 135 ribu bom Hiroshima.

Editor Norwegian People's Aid, Grethe Lauglo Ostern, mengatakan bahwa peningkatan ini sangat mengkhawatirkan.

"Jika tidak berhenti, total jumlah senjata nuklir di dunia juga akan segera meningkat lagi untuk pertama kalinya setelah Perang Dingin," katanya.

Ia kian khawatir karena sembilan negara pemilik senjata nuklir saat ini tak mau mengikuti Kesepakatan PBB untuk Mencegah Senjata Nuklir (UN Treaty on the Prohibition of Nuclear Weapons/TPNW) karena ancaman usai invasi Rusia di Ukraina.

"Krisis Ukraina menunjukkan bahwa senjata nuklir tak menciptakan perdamaian atau stabilitas. Senjata itu tak mencegah agresi, tapi malah memungkinkan perang yang dapat berujung pada perang nuklir," tuturnya.

(has)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230330114050-134-931232/hulu-ledak-nuklir-di-dunia-naik-setara-135-ribu-bom-hiroshima

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -