Petugas beraktivitas di area Reaktor Nuklir Triga 2000 di Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/8/2023). Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA



Rep: Lintar Satria/ Red: Setyanavidita livicansera // Jumat 03 May 2024 14:13 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pejabat senior Amerika Serikat (AS) mendesak Cina dan Rusia mengikuti deklarasi AS dan negara-negara lain untuk memastikan hanya manusia dan bukan kecerdasan artifisial, yang dapat memutuskan penggunaan senjata nuklir.  

Deputi Asisten Menteri Luar Negeri AS Biro Pengendalian Senjata Paul Dean mengatakan Washington menyampaikan "komitmen yang jelas dan tegas" senjata nuklir sepenuhnya dikendalikan manusia. Ia menambahkan Prancis dan Inggris juga membuat komitmen serupa. "Kami juga akan menyambut baik pernyataan serupa dari Cina dan Federasi Rusia," katanya dalam pengarahan daring, Rabu (1/5/2024).

"Kami pikir norma perilaku bertanggung jawab sangat penting dan kami pikir itu sesuatu yang akan disambut baik dalam konteks P5," kata Dean merujuk lima anggota permanen Dewan Keamanan PBB. Pernyataan ini disampaikan saat pemerintah Presiden AS Joe Biden mencoba memperdalam diskusi terpisah dengan Cina mengenai kebijakan senjata nuklir dan pertumbuhan kecerdasan artifisial.

Kementerian pertahanan Cina belum menanggapi permintaan komentar. Penyebaran teknologi kecerdasan artifisial muncul dalam pembicaraan antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi di Beijing pada tanggal 26 April lalu.

Blinken mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan pembicaraan bilateral pertama mereka tentang kecerdasan artifisial dalam beberapa pekan mendatang. Ia menambahkan mereka akan berbagi pandangan tentang cara terbaik untuk mengelola risiko dan keamanan seputar teknologi tersebut.  

Sebagai bagian dari normalisasi komunikasi militer, para pejabat AS dan Cina melanjutkan diskusi senjata nuklir pada Januari lalu. Tetapi negosiasi resmi mengenai pengendalian senjata diperkirakan belum akan dilakukan dalam waktu dekat.  

PadFebruari lalu Cina, yang sedang memperluas kemampuan senjata nuklirnya, mendesak negara-negara nuklir terbesar harus terlebih dahulu merundingkan perjanjian larangan penggunaan senjata nuklir di antara mereka satu sama lain.

Sumber: https://internasional.republika.co.id/berita/scw6kv488/as-desak-cina-dan-rusia-tak-libatkan-kecerdasan-buatan-dalam-urusan-senjata-nuklir

Sumber : Republika

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -