Presiden Vladimir Putin dilaporkan memiliki tas berisi sistem kendali untuk meluncurkan senjata nuklir Rusia, yang dikhawatirkan dapat memicu 'kiamat' dunia. (Sputnik via Reuters)



CNN Indonesia
Kamis, 03 Agu 2023 09:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Vladimir Putin dilaporkan memiliki tas berisi sistem kendali untuk meluncurkan senjata nuklir Rusia, yang dikhawatirkan dapat memicu "kiamat" dunia jika digunakan.
Reuters melaporkan Cheget selalu berada di dekat Putin setiap saat. Tas itu sebenarnya tidak menyimpan tombol untuk meluncurkan senjata nuklir.

Namun, tas itu dapat menyalurkan perintah ke komando pusat militer Rusia, Staf Umum. Staf Umum itu memiliki akses ke kode untuk meluncurkan senjata nuklir.

Mereka memiliki dua metode untuk meluncurkan hulu ledak nuklir. Pertama, mereka mengirim kode otorisasi ke masing-masing komandan senjata, yang kemudian menjalankan prosedur peluncuran.

Kedua, terdapat pula sistem cadangan yang disebut sebagai Perimetr. Sistem ini yang memungkinkan Staf Umum memulai peluncuran rudal berbasis darat secara langsung.

Keberadaan Cheget menjadi sorotan setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 lalu. Sejak perang pecah, Putin beberapa kali melontarkan ancaman penggunaan senjata nuklir.

Bagaimana aturan penggunaan senjata nuklir Rusia?

Namun, Rusia tak bisa asal meluncurkan senjata nuklir. Mereka memiliki doktrin yang mengatur tentang penggunaan senjata tersebut.

Berdasarkan doktrin yang dirilis pada 2020 lalu, Rusia hanya boleh menggunakan senjata nuklir jika terjebak dalam salah satu dari empat skenario.

Pertama, jika ada penggunaan senjata nuklir atau senjata pemusnah massal terhadap Rusia atau sekutunya.

Kedua, jika data menunjukkan peluncuran rudal balistik yang menargetkan Rusia atau sekutu.

Ketiga, jika ada serangan terhadap situs-situs kritikal pemerintah atau militer yang dapat membahayakan kemampuan kekuatan nuklir Rusia.

Keempat, jika terdeteksi penggunaan senjata konvensional terhadap Rusia "ketika keberadaan negara dalam bahaya."

(isa/has/bac)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230802184646-134-981151/mengenal-cheget-tas-nuklir-putin-yang-bisa-bikin-dunia-kiamat

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -