Foto:ilustrasi (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)



Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Feb 2024 08:38 WIB

Jakarta - Rusia dikabarkan sedang membangun nuklir di luar angkasa. Hal tersebut membuat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) ketar-ketir karena menjadi ancaman yang serius dan benar-benar baru.
Seperti dilansir AFP, Kamis (15/2/2024), peringatan terhadap keamanan AS ini disampaikan oleh pejabat tinggi Paman Sam pada Rabu (14/2) waktu setempat.

ABC News dan The New York Times mengutip informasi dari pejabat-pejabat yang tak disebutkan namanya bahwa Rusia sedang mengembangkan nuklir di luar angkasa. Fasilitas nuklir itu anti-senjata satelit. Meski begitu, dilansir Times, Rusia mengaku tidak mengerahkan pembangunan instalasi semacam itu.

Firasat pertama mengenai sesuatu yang tidak biasa datang dari Ketua Komite Intelijen DPR AS Michael Turner, yang tiba-tiba mengeluarkan pernyataan yang mengacu pada "ancaman keamanan nasional yang serius".

"Saya meminta Presiden (Joe) Biden mendeklasifikasi semua informasi terkait ancaman ini sehingga kongres, pemerintah, dan sekutu kita dapat secara terbuka mendiskusikan tindakan yang diperlukan untuk menanggapi ancaman ini," ujarnya.

Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada NBC dan CNN bahwa ancaman tersebut merupakan kemampuan militer Rusia yang "sangat mengkhawatirkan", tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Turner dan rekannya dari Partai Demokrat Jim Himes mengatakan dalam sebuah surat kepada anggota parlemen bahwa panel tersebut telah "mengidentifikasi masalah mendesak sehubungan dengan kemampuan militer asing yang mengganggu stabilitas yang harus diketahui oleh semua pembuat kebijakan di Kongres."

Mereka mengatakan komite tersebut telah melakukan pemungutan suara pada hari Selasa untuk menyediakan informasi rahasia di lokasi yang aman untuk ditinjau oleh anggota parlemen hingga hari Jumat.

Namun Himes mewanti-wanti agar semuanya hati-hati dalam menyingkap informasi ini. Soalnya, meskipun penting, namun informasi intelijen ini perlu dijaga supaya tidak menimbulkan kepanikan.

Ketua DPR dari Partai Republik, Mike Johnson, juga mendesak agar berhati-hati, dan mengatakan kepada wartawan di Capitol bahwa "tidak perlu ada kekhawatiran publik."

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengisyaratkan rasa frustrasinya karena Turner telah mengumumkan kepada publik sebelum pengarahan yang sudah direncanakan pada hari Kamis.

Sullivan mengatakan dia akan bertemu dengan empat anggota DPR yang tergabung dalam kelompok pemimpin partai, disebut sebagai "Geng Delapan", dan anggota komite intelijen tertinggi.

(fas/fas)

Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7196147/kabar-rusia-bikin-nuklir-luar-angkasa-bikin-keamanan-as-ketar-ketir?single=1

Sumber : Detik

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -