Pangeran MBS dari Arab Saudi (AP Photo/Ricardo Mazalan, File)



Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 21 Sep 2023 08:42 WIB

Jakarta - Pemimpin Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), merespons konflik laten di Timur Tengah yang bersumber pada kekhawatiran eksistensi senjata nuklir Iran, negara sebelah utara Saudi. Pangeran MBS juga ingin punya senjata nuklir.

"Jika mereka (Iran) punya satu (senjata nuklir), kami juga harus punya satu (senjata nuklir)," kata Pangeran MBS, dilansir AFP, Kamis (21/9/2023).

Iran menepis bahwa pihaknya punya senjata nuklir, namun Iran melanggar kesepakatan pembatasan pengayaan uranium (bahan nuklir) sejak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengekang program nuklir Iran pada 2015, sebagai kelanjutan sanksi bagi Iran.

Menurut Pangeran MBS, upaya Iran untuk membikin senjata nuklir bakal sia-sia karena penggunaan senjata nuklir tersebut bakal memicu "perang melawan seluruh dunia."

Pangeran MBS juga mengabarkan perihal perkembangan normalisasi hubungan negaranya dengan Israel, negara Zionis sobat kental AS di Timur Tengah. Dia mengatakan hubungan Saudi dengan Israel semakin baik saja dari hari ke hari.

Arab Saudi juga telah mencari jaminan keamanan, termasuk lewat perjanjian dengan AS sebagai imbalan atas normalisasi hubungan dengan Israel, satu-satunya negara yang memiliki senjata nuklir di kawasan ini--meskipun negara tersebut tidak mendeklarasikannya.

Presiden AS Joe Biden juga membahas Arab Saudi dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sela-sela forum Majelis Umum PBB. Rencana diplomatik pemerintahan Biden di Timur Tengah telah diguncang oleh ketegangan hubungan dengan Netanyahu yang di dalam negerinya dituduh oleh para penentangnya merusak demokrasi Israel melalui reformasi peradilan yang luas.

(dnu/yld)
Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-6942449/pangeran-mbs-jika-iran-punya-senjata-nuklir-saudi-juga-harus-punya

Sumber : Detik

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -