Foto: via REUTERS/SPUTNIK



NEWS - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
02 March 2024 06:45

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan menggunakan senjata nuklir. Hal ini bisa terjadi apabila negara-negara Barat mengirim tentaranya ke wilayah Rusia dalam jarak dekat.
Mengutip Aljazeera, Putin tak main-main soal ancaman perang nuklir itu. Hal itu dikatakan Putin menanggapi anggapan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Senin bahwa pengiriman pasukan Eropa ke Ukraina tidak dapat dihindari.

Asal tahu saja, Putin mengeluarkan ancaman kepada Barat itu dalam pidato nasional tahunannya. Detailnya, Putin menyatakan bahwa Barat telah mengumumkan kemungkinan pengiriman kontingen militer Barat ke Ukraina. Maka Putin bilang, konsekuensi dari kemungkinan intervensi akan jauh lebih tragis.

"Mereka pada akhirnya harus menyadari bahwa kami juga memiliki senjata yang dapat mencapai target di wilayah mereka. Semua yang dilakukan Barat menciptakan ancaman nyata konflik dengan penggunaan senjata nuklir, dan dengan demikian menghancurkan peradaban," kata Putin mengutip Aljazeera, Sabtu (2/3/2024).

Moskow memiliki persenjataan nuklir terbesar di dunia, termasuk rudal hipersonik generasi baru dan senjata nuklir taktis yang beberapa kali lebih banyak daripada yang dimiliki Barat secara kolektif.

Tidak ada yang baru

Namun, bagi Boris Bondarev, seorang diplomat senior Rusia yang berhenti dari pekerjaannya untuk memprotes invasi Moskow ke Ukraina, menyatakan bahwa tidak ada yang baru dalam ancaman Putin.

Bagi dia, ancaman itu sebagai sebuah ketakutan Putin yang biasa dan proyeksi keinginannya yang belum terealisasi ke Barat.

(pgr/pgr)

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240302002711-4-519071/putin-benar-benar-ancam-barat-soal-perang-nuklir-gegara-hal-ini

Sumber : CNBC Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -