Ilustrasi. Rusia mulai kirim senjata nuklir taktis untuk ditempatkan di Belarus. Foto: AFP/Kirill Kudryavtsev



CNN Indonesia
Rabu, 14 Jun 2023 16:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan negaranya sudah mulai menerima pengiriman senjata nuklir taktis dari Rusia.
Ia mengklaim beberapa di antara senjata nuklir itu tiga kali lebih kuat daripada bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.

"Kami telah menerima rudal dan bom dari Rusia. Bom itu tiga kali lebih kuatdari yang [dijatuhkan] di Hiroshima dan Nagasaki," kata Lukashenko, seperti dikutip Reuters.

Dalam pernyataan terpisah sebelumnya, Lukashenko menyebut senjata nuklir akan dikerahkan secara fisik ke wilayah Belarus dalam beberapa hari.

Dia juga mengklaim negaranya punya fasilitas untuk menampung rudal jarak jauh, jika diperlukan. Belarus disebut punya banyak fasilitas penyimpanan nuklir yang tersisa dari era Soviet, dan telah merenovasi lima hingga enam di antaranya.

Menurut sahabat Putin itu, dia telah mengizinkan Belarus dimanfaatkan oleh pasukan Rusia untuk menyerang Ukraina, sebagai bagian dari "operasi milier khusus."

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan akan mulai mengerahkan senjata nuklir taktis di Belarus, setelah fasilitas penyimpanan khusus selesai disiapkan.

Keputusan pengerahan dan penempatan senjata taktis Rusia di Belarus diumumkan sejak Maret lalu. Atas langkah ini, Amerika Serikat telah menyampaikan kecamannya.

Belarus sendiri berbatasan dengan tiga negara anggota NATO yakni Lituania, Latvia, dan Polandia.

(dna/bac)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230614135733-134-961727/belarus-senjata-nuklir-rusia-3-kali-lebih-kuat-dari-bom-hiroshima

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -