Presiden Rusia, Vladimir Putin. /Reuters/Evgenia Novozhenina



PIKIRAN RAKYAT - Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan agenda pemindahan senjata nuklir taktis di negara sekutu mereka, Belarusia. Menurutnya, ini adalah tanggapan tegas atas keputusan Inggris yang menyediakan peluru penembus baja kepada pasukan Ukraina.

Vladimir Putin, kemudian mengeklaim bahwa pemindahan senjata nuklir taktis juga disetujui oleh Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko. Bahkan, Lukashenko telah sejak lama meminta itu berada di wilayahnya.

Adapun agenda pemindahan senjata nuklir taktis Rusia ke wilayah Belarusia akan menjadi pertama kalinya, setidaknya sejak pertengahan 1990-an silam.

Lebih lanjut, Vladimir Putin menegaskan agendanya itu termasuk pertama kali lantaran Amerika Serikat (AS) yang lebih dahulu melakukan penempatan senjata nuklir taktis di luar negeri selama beberapa dekade terakhir.

"Tidak ada yang aneh di sini juga: pertama, Amerika Serikat telah melakukan ini selama beberapa dekade," ujar Vladimir Putin dalam pernyataan pada televisi pemerintah, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Daily Mail.

"Mereka telah lama mengerahkan senjata nuklir taktis mereka di wilayah negara sekutu mereka," katanya.

Kemudian, Vladimir Putin mengklaim bahwa penempatan senjata nuklir Rusia di Belarusia tidak akan melanggar aturan global yang membatasi penyebaran senjata nuklir.

Bagi Putin, keputusan mengesahkan agenda penempatan senjata nuklir Rusia di Belarusia hanya tindakan mengikuti pihak AS yang telah melakukan hal serupa lebih dulu.

"Kami sepakat bahwa kami akan melakukan hal yang sama, tanpa melanggar kewajiban kami. Saya tegaskan, tanpa melanggar kewajiban internasional kami tentang nonproliferasi senjata nuklir," ujarnya.

Selain itu, Putin juga menyinggung keuntungan yang didapatkan Rusia jika terjadi penempatan senjata nuklir taktis di Belarusia, adalah untuk memudahkan meraih kemenangan di medan perang.

Putin dalam kesempatan itu, secara jelas tidak merinci waktu pemindahan senjata nuklir taktis Rusia ke Belarusia. Dia hanya memastikan fasilitas penyimpanan akan segera selesai pada 1 Juli 2023 mendatang.

"Rusia akan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di Belarus pada 1 Juli," ujarnya menyampaikan klaim.

Tak puas dengan satu bocoran, Putin juga telah menyebutkan adanya 10 pesawat Rusia yang siap membawa senjata nuklir taktis itu.

"Rusia telah menempatkan 10 pesawat di Belarusia, yang mampu membawa senjata nuklir taktis," ujarnya.

Sementara itu, senjata nuklir taktis Rusia berkemungkinan didukung dengan sejumlah sistem rudal Iskander yang tersedia di Belarusia.

Rusia memang sudah rutin melakukan transfer pengetahuan kepada negara sekutunya itu, termasuk tentang rudal Iskander yang mampu meluncurkan senjata nuklir.***

 

Editor: Bayu Nurullah

Sumber: Daily Mail Mirror

Pikiran-rakyat.com / 26 Maret 2023, 13:14 WIB

Link: https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-016478361/vladimir-putin-umumkan-rencana-pindahkan-senjata-nuklir-ke-belarusia-jadi-bukti-tegas-untuk-inggris?page=2

Sumber : Pikiran Rakyat

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -