Bos tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin saat memimpin pemberontakan terhadap militer Rusia. Intelijen Ukraina klaim Wagner coba rebut senjata nuklir Rusia saat kudeta singkat. Foto/REUTERS



Muhaimin
Rabu, 12 Juli 2023 - 18:30 WIB

KYIV - Kepala Direktorat Intelijen Utama Ukraina, Kyrylo Budanov, mengatakan para tentara bayaran Wagner Group mencoba merebut senjata nuklir Rusia selama kudeta singkat 24 Juni lalu.

Menurutnya, para pasukan Wagner telah menjangkau pangkalan Voronezh-45 di Rusia, tempat senjata nuklir diduga disimpan.

Namun, Gedung Putih dan badan-badan AS lainnya yang dekat dengan informasi tentang keamanan nuklir mengatakan pelanggaran seperti itu tidak mungkin terjadi. Mereka meragukan klaim bos intelijen Ukraina.

Rekaman video dan cuplikan wawancara dengan penduduk memberikan bukti bahwa beberapa tentara bayaran Wagner keluar dari jalan raya menuju pangkalan militer Rusia yang dibentengi dalam perjalanan ke Moskow.

Namun rekaman itu diambil sekitar 100 kilometer dari pangkalan Voronezh-45. Jadi, tidak ada bukti objektif tentang apa yang terjadi dalam beberapa jam ke depan di wilayah tersebut.

Budanov, bagaimanapun, mengeklaim bahwa pasukan yang memberontak itu jauh melampaui titik tersebut, berhasil menembus pangkalan Voronezh-45 untuk memperoleh perangkat nuklir kecil era Soviet untuk meningkatkan pemberontakan mereka ke titik yang parah.

“Karena jika Anda siap bertarung sampai orang terakhir berdiri, ini adalah salah satu fasilitas yang secara signifikan meningkatkan taruhannya,” kata Budanov, seperti dikutip Reuters, Rabu (12/7/2023).

Menurut Budanov, pangkalan Voronezh-45 menyimpan persediaan perangkat nuklir berukuran ransel yang sangat penting.

“Ini adalah salah satu fasilitas penyimpanan utama untuk ransel ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa satu-satunya penghalang yang memisahkan pasukan pemberontak dari gudang senjata nuklir adalah pintu fasilitas penyimpanan nuklir.

“Pintu gudang tertutup, tidak masuk ke bagian teknis,” ujarnya.

Orang dalam Kremlin yang memiliki hubungan militer telah mengonfirmasi sebagian dari klaim Budanov tentang tentara bayaran Wagner.

Menurutnya, kelompok Wagner berhasil memasuki zona strategis penting yang menimbulkan kekhawatiran bagi Amerika Serikat karena adanya senjata nuklir. Namun, tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

Sumber di wilayah Ukraina timur yang diduduki Rusia, yang akrab dengan isu tersebut, mengatakan bahwa perampasan senjata nuklir diyakini telah mendorong keberhasilan negosiasi dan upaya mediasi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, yang memainkan peran penting dalam meredakan situasi.

Namun, motivasi sebenarnya di balik pemberontakan tentara bayaran Wagner Group masih belum diketahui.

Kendati demikian, keraguan muncul terkait pernyataan Budanov, di mana para pejabat Amerika menyatakan keberatan tentang keakuratan klaim tersebut.

“Kami tidak dapat mengonfirmasi laporan ini. Kami sama sekali tidak memiliki indikasi bahwa senjata atau bahan nuklir berisiko,” kata Adam Hodge, perwakilan dari Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, menanggapi klaim Budanov.

Menurut Matt Korda, Senior Research Associate and Project Manager for Nuclear Information Project di Federation of American Scientists, mengatakan menerobos keamanan nuklir Rusia akan sangat sulit bagi "aktor non-negara".

"Jika Anda memiliki aktor jahat yang bisa mendapatkan senjata nuklir, mereka akan menemukan senjata yang disimpan dalam keadaan tidak lengkap," katanya.

“Mereka perlu diselesaikan dengan memasang peralatan khusus dan kemudian membuka tautan tindakan permisif, dan untuk melakukan itu mereka memerlukan kerja sama seseorang dari Direktorat ke-12, yang bertanggung jawab untuk melindungi persenjataan nuklir Rusia," paparnya.

Kepala Direktorat ke-12 Kementerian Pertahanan (12 GU MO) telah memainkan peran penting baik di bekas Uni Soviet dan, sejak 1991, di Federasi Rusia.

Sebagai sebuah departemen dalam Kementerian Pertahanan Rusia, tanggung jawab utamanya terletak pada pengelolaan persenjataan nuklir negara yang aman.

Ditugaskan dengan serangkaian tugas penting, Direktorat ke-12 bertanggung jawab atas penyimpanan, pemeliharaan teknis, transportasi, pengiriman, penerbitan, dan pembuangan senjata nuklir negara.

Pemberontakan Wagner Group, yang diprakarsai oleh pendirinya; Yevgeny Prigozhin, dimulai pada 23 Juni dengan deklarasi “march of justice” yang bertujuan untuk menggulingkan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Federasi Rusia Jenderal Valery Gerasimov.

Selama sehari, tentara bayaran Wagner menguasai Rostov dan melintasi beberapa wilayah Rusia, berhasil menembak jatuh enam helikopter dan satu pesawat militer Rusia.

Namun, ketika dalam konvoi menuju Moskow, Prigozhin tiba-tiba mengubah arahnya setelah negosiasi dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Sesuai kesepakatan, Wagner Group PMC diperintahkan untuk kembali ke kamp lapangan mereka, dan semua tuduhan terhadap Prigozhin dibatalkan, memfasilitasi relokasinya ke Belarusia.

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1150427/41/bos-intel-ukraina-tentara-bayaran-wagner-coba-rebut-senjata-nuklir-rusia-saat-kudeta-1689160041?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -