Presiden Belarus Alexander Lukashenko dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP/GAVRIIL GRIGOROV)



CNN Indonesia
Sabtu, 01 Apr 2023 05:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan senjata nuklir strategis Rusia kemungkinan juga akan digelar di negaranya bersama senjata nuklir taktis Rusia, Jumat (31/3).
Lukashenko menilai rencana Moskow untuk menempatkan senjata nuklir di wilayah sekutu dekatnya itu akan membantu melindungi Belarusia, yang terancam oleh Barat.

"Jika perlu, Putin dan saya akan memutuskan dan memperkenalkan senjata nuklir strategis di sini. Dan mereka harus memahami ini... Kami tidak akan berhenti, melindungi negara kami, negara bagian kami, dan rakyat mereka," katanya seperti dikutip CNN.

Pekan lalu Presiden Vladimir Putin mengumumkan akan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di Belarusia pada awal Juli.

Putin mengerahkan senjata nuklir itu untuk merespons laporan yang menyebut Inggris akan mengirimkan amunisi anti-tank mengandung uranium kadar rendah.

Inggris sudah membantah laporan itu, tapi Putin tetap menganggap laporan itu bahaya sehingga Rusia harus mengerahkan senjata nuklir ke Belarusia.

Ia menyatakan pengerahan semacam ini bukan hal asing, terutama jika melihat pergerakan Amerika Serikat di masa lampau.

"AS sudah melakukan ini selama berpuluh tahun. Mereka sudah lama mengerahkan senjata nuklir taktis mereka di wilayah sekutu mereka," ucap Putin.

(tim/isn)

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -