Jerman: Senjata Misterius Rusia Bisa Hancurkan Orbit Bumi. Foto: ESA



Mohammad Frizki Pratama - detikInet
Jumat, 23 Feb 2024 15:15 WIB

Berlin - Senjata antariksa anti satelit yang dilaporkan sedang dikembangkan oleh Rusia dan dilaporkan mengandung nuklir, dikatakan dapat menjadi ancaman yang berpotensi menghancurkan orbit Bumi.

"Jika seseorang berani untuk meledakkan senjata nuklir di atmosfer tinggi atau bahkan luar angkasa, maka seluruh dunia tidak akan dapat lagi memanfaatkan ruang tersebut," kata Michael Traut, mayor jenderal yang bertanggung jawab atas komando militer antariksa Jerman.

"Tidak akan ada yang selamat dari tindakan seperti itu, tidak akan ada lagi satelit, baik itu dari China, Rusia, Amerika, dan juga Eropa," imbuhnya, seperti dikutip detikINET dari Futurism.

Hancurnya seluruh satelit tampaknya adalah dampak yang dimaksudkan dari adanya senjata tersebut. Mengutip dari CNN berdasarkan tiga narasumber yang tidak diketahui identitasnya, membutuhkan ledakan energi yang sangat masif untuk dapat menjadikan satelit tersebut tidak berfungsi.

Untuk saat ini, terdapat lebih banyak pertanyaan daripada jawaban tentang senjata nuklir antariksa Rusia, tetapi berdasarkan apa yang dilaporkan sejauh ini memang terlihat sangat mengkhawatirkan.

"Jika seseorang dapat memperkirakan secara logis, tidak ada yang akan menggunakan senjata seperti itu di luar angkasa," kata kepala komando antariksa Jerman.

"Dampak yang dapat ditimbulkan dari adanya serangan nuklir di antariksa dapat membuat ratusan satelit menjadi sampah luar angkasa dan membuat puing-puing satelit menjadi medan yang padat," tambahnya.

Berita tentang senjata nuklir antariksa tersebut muncul setelah Mike Turner, perwakilan Kongres partai republik yang memimpin Komite Intelijen di Dewan Perwakilan Rakyat, yang pada memperingatkan secara terang-terangan mengenai "ancaman keamanan nasional yang serius" yang seharusnya diketahui oleh rakyat Amerika.

Presiden Joe Biden mengkonfirmasi bahwa anggota kongres asal Ohio tersebut merujuk kepada pengembangan senjata antariksa anti-satelit milik Rusia, dan pejabat lain yang tidak diketahui identitasnya membocorkan informasi lebih lanjut mengenai hal itu.

Terlepas dari konsep senjata nuklir antariksa yang menakutkan dan mirip seperti film-film fiksi ilmiah, Gedung Putih mengimbau untuk tetap tenang dengan laporan yang terus bermunculan mengenai teknologi tersebut.

"Meskipun upaya Rusia untuk memperoleh senjata ini meresahkan, saat ini tidak ada ancaman langsung terhadap keselamatan siapa pun," ucap John Kirby, penasihat Gedung Putih. "Kita tidak membicarakan tentang senjata yang dapat digunakan untuk menyerang manusia atau menyebabkan kehancuran yang ada di Bumi."

Seperti dikatakan oleh Ludwig Moller, Direktur European Space Policy Institute, kepada Politico, jika Rusia menghancurkan satelit komersial dengan menggunakan senjata misteriusnya tersebut, maka bisa mengakibatkan kerugian triliunan dolar dan mempengaruhi berbagai sektor dari energi hingga bank.

Saat ini masih belum banyak yang diketahui tentang pengembangan senjata antariksa yang dilakukan oleh Rusia, akan tetapi sudah cukup untuk membuat para pemimpin dunia tersita perhatiannya.

(fyk/fyk)

Sumber: https://inet.detik.com/science/d-7208132/jerman-senjata-misterius-rusia-bisa-hancurkan-orbit-bumi

Sumber : Detik

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -