Ilmuwan Usulkan Solusi Unik untuk Hilangkan Senjata Nuklir. Foto: BBC World



Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 11 Nov 2023 22:30 WIB

Jakarta - Senjata nuklir selamanya akan menimbulkan ancaman terhadap keamanan global. Ilmuwan punya solusi unik untuk menghilangkan senjata nuklir.
Untuk diketahui, keberadaan alat-alat perusak ini di tangan berbagai negara meningkatkan ketegangan dan kekhawatiran mengenai potensi penyalahgunaan atau pencurian.

Upaya untuk mengendalikan dan memantau senjata-senjata ini telah dilakukan selama beberapa dekade, namun tugas ini rumit, mengingat persenjataan nuklir bersifat rahasia.

Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan solusi baru dan menarik untuk meningkatkan pemantauan hulu ledak nuklir, yakni dengan menyimpannya di ruang cermin. Bagaimana caranya?

Aula Cermin untuk Simpan Nuklir
Para peneliti dari Max Planck Institute for Security and Privacy telah mengembangkan sistem untuk melacak pergerakan objek di dalam ruangan dari jarak jauh menggunakan cermin dan gelombang radio.

Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan pemantauan persediaan hulu ledak nuklir dan memastikan persediaan hulu ledak nuklir tetap aman.

Dikutip dari Gizmochina, senjata nuklir menimbulkan tantangan keamanan global yang berkelanjutan. Sembilan negara secara kolektif memiliki sekitar 12.700 hulu ledak.

Senjata-senjata ini biasanya disimpan di bunker militer yang sangat aman, sehingga sulit untuk memverifikasi keberadaan, jumlah, atau pergerakan ilegal. Sistem cermin dan gelombang radio melibatkan penempatan 20 cermin yang dapat disesuaikan di samping hulu ledak nuklir di brankas penyimpanan, dengan dua antena sebagai bagian dari pengaturannya.

Satu antena memancarkan gelombang radio yang memantul dari cermin, menciptakan pola pantulan unik yang terdeteksi oleh antena lainnya. Dengan menganalisis pola-pola ini, sistem dapat menentukan lokasi objek di dalam ruangan, bahkan mendeteksi pergeseran kecil pada posisinya.

Salah satu keunggulan utama cara ini adalah sistemnya tidak bergantung pada saluran komunikasi yang aman atau perangkat keras yang tahan terhadap gangguan, sehingga lebih tahan terhadap potensi ancaman atau upaya gangguan.

Dalam praktiknya, organisasi internasional seperti Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dapat memasang sistem cermin dan antena di dalam bunker nuklir.

Sistem ini mengukur gelombang radio yang dipantulkan dari cermin, menciptakan sinyal 'sidik jari' unik yang disimpan dalam database aman. Pemerintah atau entitas yang mengendalikan timbunan nuklir kemudian dapat mengukur sinyal gelombang radio yang direkam oleh antena detektor mereka dan membandingkannya dengan sidik jari awal untuk mendeteksi pergerakan ilegal.

Meskipun tidak sepenuhnya mudah, sistem inspeksi inovatif ini menjanjikan peningkatan pengendalian senjata nuklir dan memiliki potensi penerapan di berbagai sektor.

(rns/afr)

Sumber: https://inet.detik.com/science/d-7031619/ilmuwan-usulkan-solusi-unik-untuk-hilangkan-senjata-nuklir

Sumber : Detik

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -