China bersih-bersih Unit Senjata Nuklir, takut memberontak seperti Wagner? Foto/Ilustrasi/Sindonews



Berlianto
Selasa, 01 Agustus 2023 - 20:02 WIB

WASHINGTON - China telah mengganti kepala unit elit yang bertanggung jawab atas persenjataan nuklirnya, dalam sebuah langkah yang dipandang ahli kemungkinan dipicu oleh pemberontakan Wagner di Rusia.

Mantan wakil kepala angkatan laut Wang Houbin dan anggota komite pusat partai Xu Xisheng ditunjuk sebagai kepala divisi Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, yang mengendalikan rudal nuklir dan konvensional China. Keduanya telah dipromosikan dari pangkat letnan jenderal menjadi jenderal penuh, yang merupakan pangkat tertinggi China untuk perwira dinas aktif.

Penunjukan itu menyusul spekulasi tentang keberadaan kepala unit sebelumnya, Jenderal Li Yuchao, dan wakilnya, Jenderal Liu Guangbin. South China Post melaporkan pada awal Juli bahwa pasangan tersebut, serta mantan wakil Li, Zhang Zhenzhong, menghadapi penyelidikan korupsi.

Wakil Direktur Program China dan anggota senior di think tank AS Foundation for Defense of Democracies (FDD), Craig Singleton, mengatakan Xi kemungkinan besar dipengaruhi oleh pemberontakan Wagner, di mana kelompok tentara bayaran besar yang dipimpin oleh pendirinya, Yevgeny Prigozhin, mencoba untuk menggulingkan pendirian militer negara, sebagai tantangan langsung ke Vladimir Putin.

“Pemberontakan Wagner yang gagal hampir pasti memperkuat fiksasi Xi pada kontrol ideologis, bahkan dengan mengorbankan pertumbuhan ekonomi dan modernisasi militer China yang sedang berlangsung,” katanya kepada Newsweek.

Pergantian personel yang tak terduga itu diumumkan pada sebuah upacara di markas besar komisi di Beijing sehari sebelum peringatan 96 tahun berdirinya PLA pada 1 Agustus. Ini mengikuti pencopotan Menteri Luar Negeri China Qin Gang pekan lalu, setelah absen selama sebulan dari publik. Dia digantikan oleh Wang Yi, yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri antara 2013 dan 2022.

Singleton mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan begitu cepat setelah pemecatan Qin, menandai salah satu perombakan kepemimpinan paling mendalam di China selama bertahun-tahun.

“Xi (Jinping, presiden China) telah berulang kali menyebut Pasukan Roket sebagai kekuatan penangkal strategis inti China terhadap Amerika Serikat,” katanya.

"Pembersihan tingkat tinggi ini terjadi di tengah upaya China yang tidak terlalu transparan untuk memperluas kekuatan nuklirnya secara signifikan," imbuhnya.

"Pembersihan ini menyoroti bahwa upaya Xi selama satu dekade untuk melakukan kontrol ideologis yang ketat atas angkatan bersenjata China tetap merupakan pekerjaan yang sedang berjalan," ujarnya seperti dilansir dari media AS itu, Selasa (1/8/2023).

Media China bulan lalu melaporkan bahwa Xi Jinping, yang juga ketua komando militer tertinggi China, Komisi Militer Pusat, mengatakan Partai Komunis China (PKC) harus mempertahankan kepemimpinan absolut atas militer.

Singleton mencatat bagaimana Pasukan Roket China telah menerima aliran dana yang sangat besar untuk memperluas persenjataan nuklir Negeri Tirai Bambu itu, dan hanya masalah waktu sebelum para pejabat yang mengawasi portofolio pengadaan besar ini berselisih dengan Komisi Inspeksi Disiplin Komisi Militer Pusat.

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1165587/42/china-bersih-bersih-unit-senjata-nuklir-takut-memberontak-seperti-wagner-1690895308?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -