Ilustrasi konflik Rusia dan Ukraina. /Reuters/Dado Ruvic



PIKIRAN RAKYAT - Ukraina menanggapi agenda Rusia yang ingin menempatkan senjata nuklir taktis ke negara sekutunya, Belarusia. Seorang perwakilan Kiev menilai, Moskow ingin menahan Minsk dengan rencana itu.

Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, Oleksiy Danilov, mengatakan bahwa Rusia menginginkan destabilisasi melalui pemindahan senjata nuklir ke Belarusia.

"Senjata nuklir adalah langkah menuju destabilisasi internal negara," ujar Oleksiy Danilov pada Minggu, 26 Maret 2023 dikutip Pikiran-Rakyat.com dari NDTV.

Danilov juga menilai pengumuman agenda pemindahan senjata nuklir taktis akan berdampak pada peningkatan penolakan publik Belarusia pada sosok diktaktor Rusia itu.

"Pengumuman Putin meningkatkan persepsi negatif dan penolakan publik terhadap Rusia di masyarakat Belarusia," ujarnya lagi.

Alexander Lukashenko telah berkuasa di Belarusia selama hampir 30 tahun, dengan kesediaan menjadi sekutu utama Vladimir Putin.

Sejak awal, Rusia melakukan invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Belarusia yang langsung mengizinkan pasukan Putin melancarkan serangan dari wilayah negaranya.

Hal-hal itu yang semakin lama meningkatkan kekhawatiran masyarakat setempat terkait langkah Lukashenko yang ingin bergabung dalam aksi ofensif Rusia.

Sebelumnya, Vladimir Putin tampil dalam televisi pemerintah Rusia untuk mengumumkan rencananya menempatkan senjata nuklir Rusia di Belarusia. Ditegaskannya, keputusan itu tidak akan melanggar aturan global yang membatasi penyebaran senjata nuklir.

Bagi Putin, keputusan mengesahkan agenda penempatan senjata nuklir Rusia di Belarusia hanya tindakan mengikuti pihak AS yang telah melakukan hal serupa lebih dulu.

"Kami sepakat bahwa kami akan melakukan hal yang sama, tanpa melanggar kewajiban kami. Saya tegaskan, tanpa melanggar kewajiban internasional kami tentang nonproliferasi senjata nuklir," ujarnya.

Selain itu, Putin juga menyinggung keuntungan yang didapatkan Rusia jika terjadi penempatan senjata nuklir taktis di Belarusia, adalah untuk memudahkan meraih kemenangan di medan perang.

Putin dalam kesempatan itu, secara jelas memastikan fasilitas penyimpanan senjata akan segera selesai pada 1 Juli 2023 mendatang, tetapi tak menyebutkan tanggal pasti pemindahannya.

"Rusia akan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di Belarus pada 1 Juli," ujarnya menyampaikan klaim.

Tak puas dengan satu bocoran, Putin juga telah menyebutkan adanya 10 pesawat Rusia yang siap membawa senjata nuklir taktis itu.

"Rusia telah menempatkan 10 pesawat di Belarusia, yang mampu membawa senjata nuklir taktis," ujarnya lagi.***

 

Editor: Rio Rizky Pangestu / Penulis: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: NDTV

Pikiran-rakyat.com / 27 Maret 2023, 12:18 WIB

Link: https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-016482903/ukraina-tanggapi-rencana-rusia-pindahkan-senjata-nuklir-ke-belarusia?page=2

Sumber : Pikiran Rakyat

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -