Citra satelit tunjukkan gelagat China Ingin uji coba senjata nuklir di situs Lop Nur. Namun Beijing menyangkalnya. Foto/Maxar Technologies



Muhaimin
Sabtu, 23 Desember 2023 - 15:04 WIB

BEIJING - Citra satelit yang diterbitkan dalam laporan rinci The New York Times menunjukkan gelagat China yang ingin menguji coba senjata nuklirnya. Gambar itu menunjukkan pengaktifan kembali fasilitas uji coba nuklir Lop Nur di Daerah Otonomi Xinjiang.

Dari citra satelit itu, Beijing kemungkinan segera berada dalam posisi untuk melakukan uji coba nuklir penuh atau mungkin ledakan nuklir subkritis. Eksperimen subkritis mensimulasikan ledakan nuklir dengan menggunakan bahan peledak kimia.

Upaya China untuk meningkatkan uji coba nuklir akan menunjukkan minat Beijing dalam menguji dan mengkualifikasi beberapa desain hulu ledak nuklir terbarunya yang dipasang pada sejumlah rudal balistik dan jelajah generasi baru.

Analisis The New York Times didasarkan pada bukti yang diberikan oleh Dr Renny Babiarz, pakar intelijen geospasial internasional terkemuka. Barbiarz, mantan analis Pentagon, menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari citra satelit fasilitas Lop Nur tempat China melakukan uji coba nuklir pertamanya pada 16 Oktober 1964.

“Aktivitas di Lop Nur terjadi pada salah satu momen paling sensitif dalam hubungan Amerika Serikat-China,” tulis The New York Times.

“Presiden [Joe] Biden telah mengatakan bahwa dia berusaha untuk 'menstabilkan' hubungan yang semakin kontroversial dan, pada pertemuan puncak bulan lalu dengan Xi Xinping, pemimpin China, mencari kesepakatan," lanjut laporan tersebut, yang dilansir Sabtu (23/12/2023).

China, pada bagiannya, telah menolak laporan tersebut.

Citra satelit menunjukkan adanya proses peningkatan fasilitas di situs Lop Nur selama beberapa tahun terakhir.

“Pada tahun 2017, sebuah situs tua dengan beberapa bangunan telah berubah menjadi kompleks ultramodern yang apik dan dikelilingi pagar pengaman,” tulis The New York Times.

“Struktur barunya mencakup bunker yang dilindungi oleh tanggul tanah dan penangkal petir, sehingga ideal untuk menangani bahan peledak berkekuatan tinggi.”

Menariknya, gambar-gambar satelit tersebut menunjukkan pembangunan pangkalan udara baru di daerah tersebut, pembangunan beberapa poros di fitur bukit dan, mungkin, smoke gun—sebuah anjungan pengeboran besar yang tingginya hampir 90 kaki.

Gambar baru-baru ini yang diperoleh Babiarz menunjukkan bukan hanya derek tetapi juga tumpukan pipa bor dan lubang cairan pelumas di dekatnya untuk menjaga agar mata bor tetap bergerak lebih dalam.

Babiarz memperkirakan bahwa lubang bor dimaksudkan untuk turun setidaknya sepertiga mil, serupa dengan kedalaman lubang vertikal yang dibangun oleh AS di lokasi uji coba di Nevada.

Gambar tersebut juga menunjukkan sebuah kota kecil yang diyakini sebagai fasilitas pendukung kegiatan di situs Lop Nur. Di dalam perkampungan yang dikenal dengan nama Malan itu, terdapat sebuah anjungan pengeboran yang tampak identik dengan yang ada di lokasi Lop Nur, yang jaraknya ratusan kilometer. Ini dianggap sebagai tempat pelatihan bagi para pengebor poros.

Pasukan roket China, yang merupakan bagian elite penting dari persenjataan militernya, mengendalikan triad rudal nuklir Beijing yang diluncurkan dari udara, laut, dan darat. Pasukan ini beroperasi di bawah sistem komando dan kendali terpadu dan berada di tengah-tengah ekspansi radikal.

Sebuah laporan dari Middlebury Institute of International Studies di Monterey mengatakan, “Ekspansi pasukan roket China saat ini menunjukkan kemungkinan perubahan dari sikap China yang sebelumnya menahan diri dalam serangan nuklir ke sikap yang mampu mencegah konflik di berbagai tingkat dan meningkatkan peralihan ke arah perang nuklir.”

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa lebih dari satu dekade yang lalu, China memiliki sekitar 50 rudal balistik antarbenua. “Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat kini berada di jalur yang tepat untuk mengerahkan lebih dari 1.000 peluncur rudal balistik pada tahun 2028, termasuk setidaknya 507 peluncur berkemampuan nuklir," bunyi laporan tersebut.

Bagi India, yang mendeklarasikan moratorium uji coba nuklir sepihak setelah uji coba nuklir di Pokhran pada tahun 1998, setiap upaya China untuk mengaktifkan kembali rangkaian rudal di Lop Nur pasti akan berdampak besar pada keamanan regional.

India, yang mempunyai persenjataan nuklir yang jauh lebih sedikit dibandingkan China, melakukan serangkaian lima ledakan nuklir pada bulan Mei 1998, yang merupakan uji coba kedua setelah uji coba pertama pada tahun 1974. Meskipun uji coba ini berhasil mencapai tujuan utamanya, yaitu memberikan India kemampuan untuk membuat fisi nuklir dan perangkat termonuklir, India kini bergantung pada simulasi komputer untuk memprediksi hasil senjata nuklir apa pun yang dirancangnya.

Dari semua negara yang diketahui memiliki senjata nuklir, hanya Pakistan yang melakukan lebih sedikit uji coba senjata nuklir. The Army Control Association mengatakan AS telah melakukan 1.030 uji coba antara tahun 1945 dan 2017, Uni Soviet/Rusia 715, Prancis 210, sementara China dan Inggris masing-masing telah melakukan 45 uji coba.

Pakistan meledakkan dua perangkat nuklir dalam uji coba balasan setelah ledakan Pokhran di India pada tahun 1998, sementara Korea Utara, anggota terbaru dalam klub senjata nuklir, diyakini telah melakukan enam uji coba.

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1283793/40/citra-satelit-tunjukkan-gelagat-china-ingin-uji-coba-senjata-nuklir-1703319166?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -