Aktivitas di lokasi uji coba nuklir Rusia, China dan AS meningkat di tengah ketegangan di antara ketiganya. Foto/Ilustrasi



Berlianto
Jum'at, 22 September 2023 - 19:39 WIB

WASHINGTON - Citra satelit memperlihatkan peningkatan aktivitas terlihat di lokasi uji coba nuklir milik tiga kekuatan dunia; Rusia , China dan Amerika Serikat (AS). Itu terjadi di tengah ketegangan di antara mereka yang mencapai titik tertinggi dalam satu dekade terakhir.

Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Rusia, AS, atau China sedang mempersiapkan uji coba nuklir dalam waktu dekat, gambar-gambar tersebut menunjukkan perluasan yang terjadi baru-baru ini di tiga lokasi uji coba nuklir dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Dilansir dari CNN, Jumat (22/9/2023), lokasi uji coba yang memperlihatkan peningkatan aktivitas itu salah satunya dioperasikan oleh China di wilayah paling barat Xinjiang, Rusia di kepulauan Samudra Arktik, dan AS di gurun Nevada.

Seorang profesor di James Martin Center for Nonproliferation Studies di Middlebury Institute of International Studies, Jeffrey Lewis mengatakan, citra satelit dari tiga hingga lima tahun terakhir menunjukkan terowongan baru di bawah pegunungan, jalan baru dan fasilitas penyimpanan, serta peningkatan lalu lintas kendaraan yang masuk dan keluar dari lokasi tersebut.

“Ada banyak petunjuk yang kami lihat yang menunjukkan bahwa Rusia, China, dan Amerika Serikat mungkin melanjutkan uji coba nuklir,” katanya, sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh negara-negara tersebut sejak uji coba nuklir bawah tanah dilarang oleh Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif tahun 1996.

China dan AS menandatangani perjanjian tersebut, namun mereka belum meratifikasinya.

Pensiunan Kolonel Angkatan Udara AS Cedric Leighton, mantan analis intelijen, meninjau gambar situs nuklir ketiga negara tersebut dan sampai pada kesimpulan serupa.

“Sangat jelas bahwa ketiga negara, Rusia, China dan Amerika Serikat telah menginvestasikan banyak waktu, tenaga dan uang tidak hanya untuk memodernisasi persenjataan nuklir mereka, tetapi juga dalam mempersiapkan jenis kegiatan yang diperlukan untuk uji coba nuklir," ucapnya.

Citra satelit yang diperoleh CNN menunjukkan bahwa telah terjadi konstruksi besar-besaran di lokasi uji coba Novaya Zemlya milik Rusia dari tahun 2021 hingga 2023, dengan kapal-kapal dan kontainer pengiriman baru tiba di pelabuhannya, jalan-jalan tetap bersih di musim dingin, dan terowongan-terowongan digali jauh ke dalam pegunungan Arktik.

Situs uji coba nuklir Rusia Novaya Zemlya. Foto: CNN

Situs uji coba nuklir Rusia Novaya Zemlya. Foto: CNN

“Lokasi uji coba Rusia sekarang dibuka sepanjang tahun, kami melihat mereka membersihkan salju dari jalanan, kami melihat mereka membangun fasilitas baru,” ujar Lewis.

Dikatakan oleh Lewis, di dekat fasilitas tersebut terdapat terowongan tempat Rusia pernah melakukan uji coba di masa lalu.

“Dalam lima atau enam tahun terakhir, kita telah melihat Rusia menggali terowongan baru, yang menunjukkan bahwa mereka siap untuk melanjutkan uji coba nuklir,” tambahnya.

“Sangat jelas bagi saya bahwa Rusia bersiap menghadapi kemungkinan uji coba nuklir,” tambah Leighton

Namun dia menyampaikan apa yang menurutnya merupakan “peringatan” penting.

“Rusia mungkin mencoba melakukan semua persiapan untuk uji coba nuklir, namun tidak benar-benar melaksanakannya. Intinya, mereka melakukan ini untuk 'menakut-nakuti' negara-negara Barat,” kata Leighton.

Moskow belum menanggapi permintaan komentar CNN mengenai hal ini, dan tidak ada cara pasti untuk mengetahui apa yang terjadi secara tersembunyi dari pandangan satelit.

Peningkatan aktivitas juga terdeteksi di lokasi uji coba nuklir China di Lop Nur, sebuah danau garam kering di antara dua gurun di wilayah barat China yang jarang penduduknya.

Situs uji coba nuklir China Lop Nur. Foto/CNN

Situs uji coba nuklir China Lop Nur. Foto/CNN

Lewis mengatakan citra satelit menunjukkan terowongan bawah tanah kelima yang baru telah digali dalam beberapa tahun terakhir, dan jalan baru telah dibangun. Perbandingan gambar yang diambil pada tahun 2022 dan 2023 menunjukkan ukuran tumpukan limbah terus meningkat, sehingga para analis percaya bahwa terowongan sedang diperluas.

Ia menambahkan, selain itu, wilayah administrasi dan pendukung utama telah melihat proyek konstruksi baru. Tempat penyimpanan baru dibangun pada tahun 2021 dan 2022, yang dapat digunakan untuk menyimpan bahan peledak.

Wilayah administrasi situs uji coba nuklir China Lop Nur. Foto/CNN

Wilayah administrasi situs uji coba nuklir China Lop Nur. Foto/CNN

“Lokasi pengujian di China berbeda dengan lokasi pengujian di Rusia,” ucap Lewis.

“Lokasi pengujian di China sangat luas dan terdapat banyak bagian berbeda di dalamnya,” terangnya.

“(Ini) terlihat sangat sibuk, dan hal-hal ini mudah terlihat pada citra satelit. Jika kita bisa melihatnya, saya kira pemerintah AS pasti bisa,” tambahnya.

Dalam sebuah pernyataan kepada CNN, Kementerian Luar Negeri China mengkritik laporan tersebut sebagai “membesar-besarkan ‘ancaman nuklir China’,” dan menggambarkannya sebagai “sangat tidak bertanggung jawab.”

“Sejak pengumuman penghentian uji coba nuklir pada tahun 1996, pihak China secara konsisten menepati janji ini dan bekerja keras dalam mempertahankan konsensus internasional mengenai pelarangan uji coba nuklir,” katanya.

Kementerian Luar Negeri China menambahkan bahwa dunia internasional harus memiliki “kewaspadaan tinggi” terhadap aktivitas Amerika Serikat dalam uji coba nuklir.

Sementara itu citra satelit komersial, yang diambil di atas lokasi uji coba nuklir di Nevada, yang secara resmi dikenal sebagai Situs Keamanan Nasional Nevada, menunjukkan bahwa fasilitas bawah tanah – kompleks U1a – diperluas secara signifikan antara tahun 2018 dan 2023.

Situs uji coba nuklir AS di Nevada. Foto/CNN

Situs uji coba nuklir AS di Nevada. Foto/CNN

Administrasi Keamanan Nasional (NNSA), bagian dari Departemen Energi AS yang mengawasi lokasi tersebut, mengatakan bahwa laboratorium tersebut digunakan untuk melakukan eksperimen nuklir “subkritis”, sebuah praktik jangka panjang yang dimaksudkan untuk memastikan keandalan senjata dalam persediaan saat ini tanpa pengujian skala penuh.

“Dalam eksperimen subkritis, bahan kimia berdaya ledak tinggi menghasilkan tekanan tinggi, yang diterapkan pada bahan senjata nuklir, seperti plutonium. Konfigurasi dan jumlah bahan peledak dan bahan nuklir dibuat sedemikian rupa sehingga tidak akan terjadi ledakan nuklir,” kata situs web NNSA.

Menanggapi permintaan komentar CNN, juru bicara NNSA mengonfirmasi bahwa pihaknya telah merekapitalisasi infrastruktur dan kemampuan ilmiah di lokasi pengujian Nevada, yang mencakup pengadaan sumber dan detektor canggih baru, pengembangan teknologi pengukuran reaktivitas, dan melanjutkan aktivitas terowongan.

“(Ini) akan memberikan kemampuan diagnostik dan data modern untuk membantu menjaga keselamatan dan kinerja persediaan nuklir AS tanpa perlu melakukan uji coba bahan peledak nuklir bawah tanah lebih lanjut,” tambah juru bicara itu.

Namun, kata Lewis, perluasan fasilitas di lokasi uji coba Nevada dapat memicu ketakutan di Moskow dan Beijing bahwa Washington mungkin sedang mempersiapkan uji coba nuklir. Karena, meskipun kedua negara dapat melihat perkembangannya dari citra satelit, mereka tidak memiliki kemampuan untuk memverifikasi secara independen apa yang sedang terjadi. di dalam.

"Dan persepsi seperti itu bisa menjadi berbahaya, terutama di era saat ini yang penuh dengan ketakutan dan kurangnya kepercayaan dari semua pihak," katanya.

“Bahayanya adalah bahkan jika ketiganya memulai dengan hanya berencana untuk menjadi yang kedua, salah satu dari mereka mungkin akan berbicara pada diri mereka sendiri mengenai pentingnya menjadi yang pertama, salah satu dari mereka mungkin memutuskan bahwa karena semua orang melakukannya, lebih baik untuk melompat dan benar-benar pergi," ujarnya.

Jika ketiga negara nuklir itu melakukannya, dunia akan mengetahuinya. Setiap ledakan besar di bawah tanah kemungkinan besar akan terdeteksi oleh Sistem Pemantauan Internasional (IMS), sebuah jaringan yang terdiri dari 337 fasilitas yang memantau planet ini untuk mencari tanda-tanda ledakan nuklir.

(ian)

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -