Rusia menguji coba rudal balistik antarbenua canggih pada Selasa di tengah perangnya yang sedang berlangsung di Ukraina. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia



Muhaimin
Kamis, 13 April 2023 - 07:46 WIB

MOSKOW - Rusia telah menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) canggih di tengah perangnya yang sedang berlangsung di Ukraina , pada Selasa. Manuver ini berselang beberapa minggu setelah Moskow menangguhkan partisipasi dalam perjanjian kontrol senjata nuklir terakhir yang tersisa dengan Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Rabu bahwa kru tempur berhasil meluncurkan rudal balistik antarbenua dari sistem rudal darat mobile dari lokasi uji Kapustin Yar.

“Hulu ledak rudal pelatihan itu menghantam target tiruan di tempat latihan Sary-Shagan [Republik Kazakhstan] dengan presisi tertentu,” kata Kementerian tersebut, seperti dikutip The Moscow Times.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu, Presiden Vladimir Putin telah mengeluarkan peringatan terselubung bahwa dia dapat menggunakan senjata nuklir di sana jika negaranya terancam.

Pada akhir Februari, Putin mengatakan Moskow menangguhkan partisipasi dalam New START Treaty (Perjanjian START Baru), di mana Rusia dan Amerika Serikat telah sepakat untuk membatasi cadangan nuklir dan tunduk pada inspeksi bersama.

Kurang dari tiga minggu lalu, Putin mengatakan dia akan mengerahkan senjata nuklir taktis ke negara sekutunya; Belarusia, dan akan menempatkannya ke depan "pintu" Uni Eropa.

Kedua langkah itu mendapat kecaman dari NATO.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak merinci jenis ICBM yang diuji coba hari Selasa. "Tujuan latihan ini adalah untuk menguji peralatan tempur canggih rudal balistik antarbenua," katanya.

“Peluncuran ini memungkinkan untuk mengonfirmasi kebenaran desain sirkuit dan solusi teknis yang digunakan dalam pengembangan sistem rudal strategis baru,” imbuhnya.

Pada bulan Februari, Putin mengatakan ICBM jenis baru akan dikerahkan sekitar tahun ini, menyusul laporan AS bahwa senjata tersebut telah gagal dalam tes baru-baru ini.

Sekadar diketahui, Rusia memiliki ICBM Sarmat—dijuluki rudal Setan 2 oleh analis Barat—yang mampu membawa banyak hulu ledak nuklir dan merupakan salah satu rudal generasi terbaru Rusia yang digambarkan Putin sebagai "senjata tak terkalahkan".

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1071571/41/rusia-uji-rudal-balistik-antarbenua-canggih-di-tengah-perang-ukraina-1681344247

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -