Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada Selasa (13/6) menyatakan pihaknya tak akan ragu menggunakan senjata nuklir jika negaranya diserang. (AP)



JawaPos.com - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada Selasa (13/6) menyatakan pihaknya tak akan ragu menggunakan senjata nuklir jika negaranya diserang.

“Saya kira tidak ada seorang pun yang mau menghadapi negara yang memiliki senjata semacam itu. Ini adalah senjata pencegahan," kata Lukashenko seperti dikutip kantor berita Belta.

"Tuhan memang melarang saya mengeluarkan keputusan menggunakan senjata itu pada era modern. Tapi, kami tidak akan ragu (menggunakannya) jika ada agresi terhadap kami," ujar Lukashenko.

Pada akhir Mei, Menteri Pertahanan Rusia dan Belarusia menandatangani perjanjian penempatan senjata nuklir taktis Rusia di wilayah Belarusia. Perjanjian itu mensyaratkan senjata ini disimpan dalam fasilitas penyimpanan khusus.

Sebelum ini, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan senjata taktis nuklir akan ditempatkan di Belarusia mulai Juli mendatang.

Lukashenko menilai pengerahan senjata nuklir Rusia di Belarusia adalah keputusan penting sehingga tidak ada yang berani menginjakkan kaki di tanah Belarusia.

Lukashenko mengungkapkan keputusan tersebut adalah permintaan mendesak Belarusia kepada Rusia guna menjamin keamanan negaranya.

Putin mengatakan langkah itu dilakukan sebagai tanggapan atas risiko keamanan yang membesar di wilayahnya. Dia menegaskan bahwa Rusia meniru langkah AS yang mengerahkan senjata nuklir taktisnya di negara-negara Eropa.

 

Editor: Edy Pramana

Jawapos.com /  Rabu, 14 Juni 2023 | 00:00 WIB

Sumber: https://www.jawapos.com/internasional/01942016/belarusia-tak-ragu-gunakan-senjata-nuklir-jika-diserang-negara-lain

Sumber : Jawapos

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -