Foto: Bendera nasional Rusia berkibar di depan Aula Besar Rakyat sebelum upacara penyambutan Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin di Beijing pada 24 Mei 2023. (POOL/AFP via Getty Images/THOMAS PETER)



NEWS - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 March 2024 14:32

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Ryabkov mengatakan negaranya sedang mempertimbangkan usulan China agar negara-negara nuklir dunia tidak melakukan serangan nuklir pertama.
"Kami memperhatikan proposal ini. Kami sedang mempelajarinya," kata Ryabkov kepada kantor berita Rusia TASS, dikutip Kamis (14/3/2024).

Ryabkov mengatakan gagasan tersebut masuk akal pada saat "kolektif Barat telah menetapkan arah untuk meningkatkan situasi internasional tanpa henti dan tidak memperhitungkan risiko yang dapat ditimbulkan oleh dampak langsungnya bentrokan bersenjata kekuatan nuklir."

Dia kemudian mengatakan Moskow memerlukan kejelasan dari Amerika Serikat (AS) mengenai apakah mereka siap untuk mempertimbangkan gagasan tersebut secara serius.

Media Rusia RBC, mengutip kementerian luar negeri negara tersebut, mengatakan bahwa usulan Beijing harus dipertimbangkan berdasarkan realitas militer dan politik di tengah "situasi yang terus memburuk di dunia," termasuk dalam hubungan di antara "lima nuklir" - yang dalam urutan jumlah persediaan mereka terdiri dari Rusia, AS, China, Prancis, dan Inggris.

Sebelumnya, China telah menyerukan dimulainya perundingan mengenai perjanjian non-serangan pertama di antara negara-negara yang memiliki senjata nuklir dengan jumlah terbesar.

Berdasarkan perjanjian tersebut, suatu negara tidak akan menggunakan senjata nuklirnya, kecuali negara tersebut mengalami serangan nuklir atau serangan nuklir yang akan terjadi dalam waktu dekat.

China adalah satu-satunya di antara sembilan negara bersenjata nuklir yang saat ini memiliki kebijakan non-serangan pertama, yang diadopsi oleh Beijing setelah uji coba nuklir pertamanya pada tahun 1964.

"Negara-negara nuklir harus terus memenuhi tanggung jawab khusus dan utama serta mengurangi persenjataan nuklir mereka secara substantif dan signifikan," kata Sun Xiaobo, direktur jenderal Departemen Pengendalian Senjata Kementerian Luar Negeri China pada pertemuan konferensi PBB tentang Perlucutan Senjata pada Februari lalu.

Sun juga mengusulkan peta jalan atau garis waktu untuk memasukkan jaminan keamanan negatif -atau jaminan negara-negara nuklir untuk tidak menggunakan senjata terhadap negara-negara non-nuklir- ke dalam kerangka hukum internasional.

(luc/luc)

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240314142427-4-521974/rusia-respons-rencana-senjata-nuklir-china

Sumber : CNBC Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -