Rusia sebut kebijakan agresif AS dan NATO dalam perang Ukraina bisa menyebabkan bentrokan langsung antara kekuatan nuklir dunia. Foto/REUTERS



Muhaimin
Kamis, 22 Juni 2023 - 08:20 WIB

MOSKOW - Rusia menyentil keras apa yang mereka sebut sebagai kebijakan agresif Amerika Serikat (AS) dan NATO dalam perang di Ukraina. Moskow sebut kebijakan agresif itu membuat kekuatan nuklir berada di jalur bentrokan langsung.

“Bahaya terbesar adalah bahwa dengan kebijakan agresif yang menimbulkan kekalahan strategis pada Rusia dalam konflik Ukraina, mereka telah memprovokasi diri mereka sendiri, AS dan NATO terus meningkatkan pertaruhan dan semakin terseret ke dalam konfrontasi militer,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova seperti dikutip kantor berita TASS, Kamis (22/6/2023).

"Jelas bahwa kebijakan seperti itu, yang kami anggap sembrono, mampu mengarah pada bentrokan bersenjata langsung antara kekuatan nuklir,” lanjut diplomat perempuan tersebut.

"Saya pikir tidak perlu menjelaskan sekali lagi esensi dari strategis risiko yang muncul dalam hubungan ini dan potensi bencana alam dari perkembangan peristiwa lebih lanjut sesuai dengan skenario terburuk," paparnya.

Zakharova mengatakan bahwa Rusia sepenuhnya menyadari keseriusan situasi dan secara sistematis mengirimkan sinyal serius ke negara-negara Barat.

"Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa Barat hanya terobsesi dengan histeria anti-Rusia dan perang hibrida total melawan negara kami. Itu tidak menunjukkan keinginan untuk memahami posisi kami secara memadai," kata Zakharova.

“Seluruh tanggung jawab untuk degradasi lebih lanjut dari situasi ini terletak pada ibu kota Barat. Untuk bagian kami, kami hanya dapat dengan tegas menegaskan kembali bahwa Rusia bertekad untuk mempertahankan kepentingan keamanannya dan kami tidak akan merekomendasikan Barat untuk meragukan hal ini," imbuh dia.

Komentar Zakharova muncul setelah pernyataan Presiden Vladimir Putin minggu lalu bahwa Rusia telah menempatkan hulu ledak nuklir pertama Rusia di Belarusia dan seluruh batch akan dikerahkan pada akhir tahun.

Putin juga mengatakan Rusia akan menggunakan segala cara yang diperlukan jika menghadapi ancaman terhadap keberadaannya, sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang penggunaan hipotetis senjata nuklir.

Presiden AS Joe Biden pada hari Senin mengecam pengerahan senjata nuklir Rusia di Belarusia, menyatakan bahwa ancaman Putin menggunakan senjata nuklir taktis adalah "nyata".

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1133973/41/rusia-sentil-keras-as-nato-kekuatan-nuklir-berada-di-jalur-bentrokan-langsung-1687395981

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -