Dialog informal soal Myanmar di Thailand, ancaman nuklir Rusia, hingga pencarian kapal selam turis bangkai kapal Titanic menjadi sorotan berita internasional. (AFP/BAY ISMOYO)



CNN Indonesia
Rabu, 21 Jun 2023 06:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pencarian kapal selam wisata bangkai Titanic yang hilang hingga Amerika Serikat cemas soal ancaman nuklir Rusia menjadi sorotan berita internasional pada Selasa (20/6).
Ketegangan antara negara ASEAN terutama Indonesia dan Thailand soal isu Myanmar juga menarik perhatian berita internasional kemarin. Berikut kilas berita internasional:

Pencarian kapal selam wisata Titanic yang hilang di kawasan lepas pantai tenggara Kanada, diburu waktu. Diperkirakan oksigen yang berada di kapal tersebut hanya tersisa untuk 40 jam.

"Semakin lama pencarian kapal selam yang hilang, semakin tidak mungkin terjadi hasil positif," kata Purnawirawan Tentara AS Laksamana Mike Mullen seperti dikutip CNN, Rabu (21/6).

Mantan Ketua Gabungan Staf Amerika Serikat itu mengatakan mereka yang berada di dalam kapal selam harus berusaha untuk menghemat oksigen.


Biden Ketar-ketir soal Ancaman Nuklir Putin: Itu Nyata
Presiden Amerika Serikat Joe Biden was-was dengan ancaman nuklir Presiden Rusia Vladimir Putin.

Biden menilai pesan dari Putin tersebut merupakan ancaman yang nyata.

"Ketika saya berada di sini sekitar dua tahun lalu mengatakan saya khawatir tentang sungai Colorado yang mengering, semua orang memandang saya seperti saya gila," kata Biden, seperti dikutip Reuters.

"Mereka memandang saya seperti ketika saya mengatakan saya khawatir tentang Putin menggunakan senjata nuklir taktis. Ini nyata," lanjut Biden.

 

Thailand Klaim Menlu RI Kesal Bangkok Undang Junta Myanmar Dialog
Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai mengklaim Menlu RI Retno Marsudi kesal soal rencana Bangkok menggelar pertemuan informal ASEAN membahas konflik Myanmar.

Pertemuan itu berlangsung di Pattaya pada Senin (19/6). Pemerintah sementara Thailand mengundang sejumlah Menlu negara anggota ASEAN, dan Menlu junta militer Myanmar Than Swe.

Dalam laporan Bangkok Post, Don mengaku Retno kesal akibat peran Thailand dalam masalah Myanmar ini.

(rds)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230621063932-113-964541/ri-kesal-ke-thailand-soal-myanmar-sampai-biden-cemas-soal-nuklir-rusia

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -