Seorang wanita berjalan melewati rudal dan pembawa satelit buatan dalam negeri Iran yang ditampilkan dalam pameran permanen di area rekreasi di Teheran utara, Iran, Jumat (3/2/2023).



Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani

Republika: Jumat 18 Aug 2023 16:57 WIB

 

REPUBLIKA.CO.ID, Iran salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di Timur Tengah. Tidak hanya program nuklirnya yang terus diwaspadai Barat. Tapi Teheran juga memiliki daftar senjata yang dapat memberikan dampak besar di medan pertempuran. Berikut sejumlah senjata terkuat dan tercanggih di gudang persenjataan Iran.

1. Rudal balistik Khomeiniyeh

Rudal jarak menengah ini memiliki jangkauan hingga 2.000 kilometer. Namanya diambil dari pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini.

2. Rudal jelajah Soumar

Rudal jelajah jarak jauh juga memiliki jangkauan hingga 2.000 kilometer. Diyakini desainnya diambil dari rudal Kh-55 Rusia.

3. Rudal jelajah Hoveyzeh

Rudal jelajah supersonik dengan jangkauan hingga 1.300 kilometer. Dirancang untuk menghindari radar musuh dan dapat digunakan untuk menyerang kapal dan target darat.

4. Rudal Fateh-313

Rudal balistik jarak pendek dengan jangkauan hingga 500 kilometer. Dirancang untuk lebih akurat daripada rudal Iran sebelumnya dan dapat digunakan untuk menyerang target bernilai tinggi.

5. Rudal Shahab-3

Rudal balistik jarak menengah dengan jangkauan hingga 2.000 kilometer ini mampu membawa hulu ledak nuklir.

6. Rudal Bavar-373

Rudal balistik jarak jauh darat-ke-darat produksi Iran ini memiliki jangkauan hingga hingga 1.800 kilometer. Dirancang untuk lebih akurat dan andal daripada rudal Iran generasi sebelumnya.

7. Sistem pertahanan udara Mersad

Sistem pertahanan udara jarak menengah produksi Iran yang mampu menembak jatuh pesawat dan rudal jelajah.

8. Misil Sayyad-2

Rudal jarak pendek darat-ke-darat produksi Iran yang dirancang untuk mempertahankan diri dari pesawat dan drone.

9. Tank Tondar-69

Tank tempur utama Iran produksi dalam negeri yang dilengkapi dengan meriam smoothbore 120mm dan berbagai senjata lainnya.

 

Sumber: https://internasional.republika.co.id/berita/rzkznx335/9-senjata-terkuat-iran-saat-ini

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -