Korea Utara mengklaim telah menguji sebuah drone serangan nuklir bawah laut pada Jumat (7/4). Ilustrasi. (AP/Lee Jin-man)



CNN Indonesia
Sabtu, 08 Apr 2023 05:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Utara mengklaim telah menguji sebuah drone serangan nuklir bawah laut, sebagai respons terbarunya terhadap latihan militer Korea Selatan dan Amerika Serikat, pada Jumat (7/4).
"Sebuah lembaga riset ilmu pertahanan nasional di DPRK melakukan tes sistem senjata strategis bawah laut dari tanggal 4 hingga 7 April," kata Korean Central News Agency resmi, dikutip dari AFP.

"Drone serangan nuklir bawah laut 'Haeil-2'... berlayar sejauh 1.000 km jarak bawah laut yang disimulasikan," imbuhnya.

Sebelumnya, Korea Utara juga telah meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek pada Senin (27/3), di tengah latihan militer gabungan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

"Militer kami mendeteksi dua rudal balistik jarak pendek ditembakkan dari sekitar daerah Junghwa di Provinsi Hwanghae Utara dari pukul 07.47 pagi ke arah Laut Timur," demikian laporan Kepala Staf Gabungan Korsel yang dikutip AFP.

"Militer kami telah memperkuat pengawasan dan kewaspadaan terhadap peluncuran tambahan, sambil mempertahankan postur kesiapan penuh melalui kerja sama yang erat antara Korea Selatan dan Amerika Serikat."

(dzu)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230408054129-113-935007/korut-kembali-uji-drone-nuklir-bawah-laut

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -