AFP/Menahem KAHANA Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu



Selasa 18 April 2023, 08:45 WIB
Basuki Eka Purnama | Internasional

PERDANA Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Senin (17/4), menegaskan negaranya akan terus mencegah musuh bebuyutan mereka, Iran, untuk mengembangkan senjata nuklir.

Hal itu diungkapkan Netanyahu dalam peringatan holocaust, yang juga dihadiri putra mahkota terasing Iran.

Netanyahu mengatakan meski era Nazi Jerman telah berakhir dan dunia berubah, "Seruan agar warga Yahudi dimusnahkan tidak pernah mereda dan saat ini ancaman itu datang dari rezim horor di Teheran."

"Kami berjuang keras untuk melawan segala kesepakatan nuklir dengan Iran yang bisa membuka jalan mereka membuat senjata nuklir."

"Dengan alasan yang sama kami juga melawan segala bentuk teror proxi Iran di sekeliling kami," lanjutnya dalam peringatan Hari Mengenang Holocaust di Jerusalem.

Hadir dalam upacara peringatan itu adalah putra mahkota Iran Reza Pahlavi, yang ayahnya adalah shah Iran yang digulingkan dalam Revolusi Islam 1979.

Baca juga: Iran Tegas Meminta Negara Islam Tidak Menormalisasi Hubungan dengan Israel

Sebelum upacara peringatan Holocaust itu, Pahlavi menegaskan rezim yang saat ini berkuasa di Iran sama sekali tidak mewakili rakyat Iran.

"Hari ini, kita memiliki rezim yang tidak mengakui adanya holocaust. Merupakan tugas saya untuk mewakili rekan senegara saya untuk mengenang para korban holocaust dan memberikan penghormatan," tegas Pahlavi. (AFP/Z-1)

Sumber: https://mediaindonesia.com/internasional/575015/netanyahu-tegaskan-akan-terus-cegah-iran-miliki-senjata-nuklir

Sumber : Media Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -