Rusia berhenti berbagi info uji rudal canggihnya dengan AS seperti yang sebelumnya diatur dalam perjanjian kontrol senjata nuklir. Foto/Maksim Blinov/Sputnik



Muhaimin
Kamis, 30 Maret 2023 - 09:31 WIB

MOSKOW - Rusia tidak akan lagi memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Amerika Serikat (AS) tentang uji coba rudal canggihnya seperti yang sebelumnya di atur dalam pakta kontrol senjata nuklir, New START Treaty.

Hal itu disampaikan seorang diplomat senior Moskow pada Rabu ketika militer Rusia meluncurkan latihan yang melibatkan rudal balistik antarbenua (ICBM) Yars.

Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov mengatakan kepada media Rusia bahwa Moskow telah menghentikan semua pertukaran informasi dengan Washington berdasarkan perjanjian kontrol senjata nuklir terakhir yang tersisa dengan AS setelah menangguhkan partisipasinya bulan lalu.

Bersamaan dengan data tentang keadaan terkini dari pasukan nuklir negara-negara tersebut yang secara rutin dirilis setiap enam bulan sesuai dengan New START Treaty (Perjanjian START Baru), para pihak juga telah bertukar peringatan sebelumnya tentang peluncuran uji coba dan penyebaran senjata nuklir mereka.


Pemberitahuan semacam itu telah menjadi elemen penting dari stabilitas strategis selama beberapa dekade, memungkinkan Rusia dan Amerika Serikat untuk menafsirkan dengan benar langkah masing-masing dan memastikan bahwa tidak ada negara yang salah melakukan peluncuran uji coba untuk serangan rudal.

Penghentian pertukaran informasi di bawah pakta tersebut menandai upaya lain oleh Kremlin untuk mencegah Barat meningkatkan dukungannya untuk Ukraina dengan menunjuk ke persenjataan nuklir besar-besaran Rusia.

Baru-baru ini, Presiden Vladimir Putin mengumumkan baha Rusia akan mengerahkan senjata nuklir taktis ke wilayah sekutunya, Belarusia.

Putin menangguhkan New START Treaty bulan lalu, mengatakan Rusia tidak dapat menerima inspeksi AS atas situs nuklirnya berdasarkan perjanjian pada saat Washington dan sekutu NATO-nya secara terbuka menyatakan kekalahan Moskow di Ukraina sebagai tujuan mereka.

Moskow menekankan bahwa pihaknya tidak menarik diri sama sekali dari pakta tersebut dan akan terus menghormati batasan senjata nuklir yang ditetapkan dalam perjanjian.

Tidak segera jelas apakah pernyataan Ryabkov mengindikasikan niat Moskow untuk menghentikan semua peringatan tentang uji coba rudal atau hanya yang dibayangkan oleh New START Treaty.

Moskow dan Washington telah bertukar pemberitahuan tentang peluncuran uji coba rudal balistik sejak era Perang Dingin, dan Kementerian Luar Negeri mengatakan bulan lalu bahwa Rusia akan terus mengeluarkannya sejalan dengan perjanjian AS-Soviet tahun 1988.

“Tidak akan ada pemberitahuan sama sekali,” kata Ryabkov ketika ditanya apakah Moskow juga akan berhenti mengeluarkan pemberitahuan tentang uji coba rudal yang direncanakan.

“Semua pemberitahuan, semua jenis pemberitahuan, semua aktivitas dalam kerangka perjanjian akan ditangguhkan dan tidak akan dilakukan terlepas dari posisi apa yang diambil AS.”

Wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel mengatakan pemerintahan Biden mengetahui komentar Ryabkov tetapi belum "menerima pemberitahuan yang menunjukkan perubahan."

"Washington memiliki kekhawatiran menyeluruh tentang perilaku sembrono Rusia yang terkait dengan New START Treaty," katanya, seperti dikutip AP, Kamis (30/3/2023).


Heather Williams, direktur Proyek Masalah Nuklir di Pusat Kajian Strategis dan Internasional, sebuah lembaga think-tank Washington, mengatakan retorika Rusia memprihatinkan tetapi cocok dengan pola perilaku yang terkait dengan Ukraina.

"Mereka menggunakan senjata nuklir untuk meningkatkan volume pada banyak kegiatan mereka yang lain, dan perjanjian pengendalian senjata hanyalah cara terbaru bagi Rusia untuk mencoba mencapai tujuannya di Ukraina," katanya.

Yang lebih memprihatinkan, kata Williams, adalah bahwa runtuhnya New START Treaty telah menyebabkan berkurangnya komunikasi antara Washington dan Moskow, yang bisa berbahaya.

“Salah satu tragedi terbesar dari kerusakan di New START adalah hilangnya saluran komunikasi,” katanya.

Pavel Podvig, seorang ahli kekuatan nuklir Rusia, men-tweet bahwa referensi Ryabkov untuk penghentian pemberitahuan dalam konteks New START Treaty menunjukkan bahwa Rusia akan terus mengeluarkannya sesuai dengan pakta 1988.

Pengumuman Ryabkov mengikuti pernyataan pejabat AS bahwa Moskow dan Washington telah berhenti berbagi data senjata nuklir dua tahunan yang sebelumnya diatur oleh New START Treaty.

Pejabat di Gedung Putih, Pentagon, dan Departemen Luar Negeri AS mengatakan Amerika telah menawarkan untuk terus memberikan informasi ini kepada Rusia bahkan setelah Putin menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian itu, tetapi Moskow mengatakan kepada Washington bahwa mereka tidak akan membagikan datanya sendiri.

New START Treaty, yang ditandatangani pada tahun 2010 oleh Presiden Barack Obama dan Dmitry Medvedev saat itu, membatasi masing-masing negara untuk tidak lebih dari 1.550 hulu ledak nuklir yang dikerahkan dan 700 rudal dan pengebom yang dikerahkan.

Perjanjian tersebut mengamanatkan inspeksi menyeluruh di situs nuklir satu sama lain untuk memverifikasi kepatuhan.

Inspeksi telah ditunda sejak 2020 karena pandemi COVID-19. Diskusi untuk melanjutkannya seharusnya dilakukan pada November 2022, tetapi Rusia tiba-tiba membatalkannya, dengan alasan dukungan AS untuk Ukraina.

Sebagai bagian dari latihan Rusia yang dimulai Rabu, peluncur rudal mobile Yars dijadwalkan bermanuver di tiga wilayah Siberia. Hal itu disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia.

Latihan itu akan melibatkan langkah-langkah untuk menyembunyikan pengerahan rudal dari satelit asing dan aset intelijen lainnya.

Kementerian Pertahanan tidak mengatakan berapa lama latihan akan berlangsung atau menyebutkan rencana peluncuran latihan apa pun. Yars adalah rudal balistik antarbenua berhulu ledak nuklir dengan jangkauan sekitar 11.000 kilometer (lebih dari 6.800 mil). Ini membentuk tulang punggung pasukan rudal strategis Rusia.

Sebuah video Kementerian Pertahanan menunjukkan truk yang membawa rudal Yars melaju dari pangkalan untuk berpatroli. Manuver tersebut melibatkan sekitar 300 kendaraan dan 3.000 tentara di Siberia timur.

Latihan itu berlangsung beberapa hari setelah Putin mengumumkan rencana untuk menyebarkan senjata nuklir taktis ke Belarusia, tetangga dan sekutu Rusia.

Senjata semacam itu dimaksudkan untuk digunakan di medan perang dan memiliki jangkauan yang relatif pendek dan daya ledak yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan rudal strategis jarak jauh yang dilengkapi dengan hulu ledak nuklir yang mampu melenyapkan seluruh kota.

Keputusan Putin tentang senjata taktis mengikuti peringatannya yang berulang kali bahwa Moskow siap menggunakan “semua cara yang tersedia”—merujuk pada persenjataan nuklirnya—untuk menangkis serangan di wilayah Rusia.

Ryabkov mengatakan pada hari Rabu bahwa langkah Putin mengikuti kegagalan sekutu Kiev untuk mengindahkan "sinyal serius" sebelumnya dari Moskow karena apa yang dia gambarkan sebagai "elite Barat yang tidak bertanggung jawab mendasar terhadap rakyat mereka dan keamanan internasional."

Pejabat Rusia telah mengeluarkan rentetan pernyataan hawkish sejak pasukan mereka memasuki Ukraina, memperingatkan bahwa dukungan Barat yang berkelanjutan untuk Kiev meningkatkan ancaman konflik nuklir.

Dalam sambutan yang diterbitkan Selasa, Nikolai Patrushev, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, yang diketuai Putin, dengan tegas memperingatkan AS dan sekutunya agar tidak menyimpan harapan atas kekalahan Rusia di Ukraina.

Patrushev menuduh bahwa beberapa politisi Amerika percaya bahwa AS dapat meluncurkan serangan rudal pencegahan ke Rusia yang tidak dapat ditanggapi oleh Moskow, keyakinan yang dia gambarkan sebagai "kebodohan berpandangan cupet, yang sangat berbahaya."

“Rusia sabar dan tidak berusaha menakut-nakuti siapa pun dengan keunggulan militernya, tetapi Rusia memiliki senjata modern unik yang mampu menghancurkan musuh mana pun, termasuk Amerika Serikat, jika ada ancaman terhadap keberadaannya,” kata Patrushev.
(min)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1059785/41/gawat-rusia-tak-mau-lagi-berbagi-info-uji-rudal-canggih-dengan-as-1680141797?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -