Ilustrasi. Ledakan bom atom buatan Robert Oppenheimer yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang ternyata tidak termasuk dalam 10 besar ledakan terbesar di semesta. (Foto: Skeeze)



dmi | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jul 2023 06:56 WIB

1. 10 Ledakan Terbesar Dalam Sejarah, Bom Atom Oppenheimer Kalah Jauh

Jakarta, CNN Indonesia -- Ledakan bom atom buatan J. Robert Oppenheimer yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, ternyata tidak ada apa-apanya dibanding setidaknya 10 ledakan terbesar dalam sejarah alam semesta.  
Ledakan, baik alami atau buatan manusia, telah menimbulkan kekaguman sekaligus teror selama berabad-abad. Mulai dari kecelakaan amunisi yang tragis, hingga bencana kosmik di luar angkasa tercatat sebagai ledakan terbesar sepanjang sejarah alam semesta.

Hal itu pula jadi salah satu yang menginspirasi sekelompok ilmuwan di Manhattan Project di bawah komando Oppenheimer untuk menciptakan bom atom yang kemudian dijatuhkan meski Jepang sudah terindikasi menyerah.


Berikut daftar 10 ledakan terbesar sepanjang sejarah alam semesta, merujuk LiveScience.

1. Ledakan Trinity
Oppenheimer tercatat pernah meledakkan bom atom yang lebih dahsyat daripada Hiroshima dan Nagasaki. Bom atom pertama di dunia ini diledakkan sebagai bentuk uji coba di Situs Trinity, dekat Alamogordo, N.M pada 16 Juli 1945.


Bom berjuluk "gadget" itu meledak dengan kekuatan sekitar 20 kiloton TNT. Oppenheimer saat menonton ujian tersebut memikirkan sebuah kalimat dari kitab suci Hindu Bhagavad Gita: "Saya menjadi kematian, penghancur dunia."

Senjata nuklir buatan Oppenheimer itu kemudian mengakhiri Perang Dunia II sekaligus menimbulkan ketakutan akan pemusnahan nuklir selama beberapa dekade.


2. Bencana nuklir Chernobyl
Sebuah reaktor nuklir meledak di Chernobyl, Ukraina, 1986. Bencana ini merupakan kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah.

Ledakan tersebut meledakkan tutup reaktor seberat 2.000 ton, menyebarkan 400 kali lebih banyak radioaktif daripada bom Hiroshima, mencemari lebih dari 200.000 km persegi Eropa. Sekitar 600.000 orang terpapar radiasi dosis tinggi, dan lebih dari 350.000 orang harus dievakuasi dari daerah yang terkontaminasi.

Menyusul kecelakaan itu, pihak berwenang menetapkan Zona Pengecualian Chernobyl seluas 2.700 kilometer persegi di sekitar radius pabrik, yang saat ini tetap terlarang bagi orang-orang. Sampai saat ini, Chernobyl masih dianggap sebagai salah satu tempat paling tercemar radioaktif di dunia.


3. Bencana Texas
Kebakaran di atas kapal kargo SS Grandcamp yang berlabuh di Kota Texas pada tahun 1947 meledakkan 2.300 ton amonium nitrat, senyawa yang digunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi.

Ledakan itu bahkan menghempaskan dua pesawat dari langit dan memicu reaksi berantai yang meledakkan kilang terdekat serta kapal kargo tetangga yang membawa 1.000 ton amonium nitrat lainnya.

Bencana tersebut menewaskan sekitar 600 orang dan melukai sekitar 3.500 orang, dan secara umum dianggap sebagai kecelakaan industri terburuk dalam sejarah Amerika Serikat.

4. Ledakan Halifax
Pada 1917, sebuah kapal kargo Prancis yang penuh dengan bahan peledak untuk Perang Dunia I secara tidak sengaja bertabrakan dengan Kapal Belgia di Pelabuhan Halifax, Kanada.

Kecelakaan itu menyebabkan kapal meledak dengan kekuatan lebih dari ledakan buatan manusia sebelumnya, setara 3 kiloton TNT. Ledakan itu mengirimkan semburan putih yang mengepul hingga 6.100 meter di atas kota dan memicu tsunami setinggi 18 meter.

Hampir 2 kilometer di sekitar pusat ledakan terjadi kehancuran total, dan sekitar 2.000 orang tewas, serta 9.000 lainnya luka-luka. Ini menjadi ledakan yang tak disengaja terbesar di dunia.

5. Ledakan Tunguska
Ledakan misterius di dekat Sungai Podkamennaya Tunguska pada 1908 meratakan sekitar 2.000 kilometer persegi hutan Siberia, sebuah area yang hampir seluas Tokyo.

Para ilmuwan mengira ledakan itu disebabkan oleh dampak kosmik dari asteroid atau komet yang mungkin berdiameter 20 meter dan massa 185.000 metrik ton, lebih dari tujuh kali Titanic.

Ledakan yang dihasilkan kira-kira sekuat empat megaton TNT atau 250 kali lebih kuat dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

 

2. Letusan Gunung Tambora Hingga Semburan Sinar Gamma

Ilustrasi. Big Bang jadi ledakan ulti di sepanjang sejarah semesta. (Foto: Istockphoto/coffeekai)

6. Letusan Gunung Tambora
Salah satu ledakan terbesar di dunia terjadi di Indonesia pada 1815 ketika Gunung Tambora meletus.
Gunung yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat itu meletus dengan kekuatan sekitar 1.000 megaton TNI dan menjadikannya sebagai letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah dunia.

Letusan itu mengeluarkan sekitar 140 miliar ton magma dan tidak hanya menewaskan lebih dari 71.000 orang di Pulau Sumbawa dan Lombok, tapi abu yang dilepaskannya juga menciptakan anomali iklim global.

Setahun berselang, dikenal sebagai Tahun Tanpa Musim Panas, dengan salju turun pada bulan Juni di Albany, New York. Sungai es juga terlihat pada bulan Juli di Pennsylvania, dan ratusan ribu orang meninggal karena kelaparan di seluruh dunia.


7. Peristiwa kepunahan dinosaurus
Zaman dinosaurus berakhir dengan bencana kepunahan sekitar 65 juta tahun lalu yang membunuh kira-kira setengah dari semua spesies di bumi.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa planet ini di ambang krisis lingkungan sebelum Kapur-Tersier atau kepunahan K-T, namun yang memusnahkan dinosaurus secara luas adalah komet selebar 10 kilometer menghantam bumi.

Hantaman itu mengakibatkan ledakan dengan kekuatan sekitar 10.000 gigaton TNI atau sekitar 1.000 kali ukuran persenjataan nuklir dunia. Tabrakan itu menyelimuti bumi dengan debu, memicu badai api global, hingga tsunami setinggi ribuan kaki.

Kawah besar dengan lebar sekitar 180 km di Chixclub di Pantai Meksiko diduga kuat merupakan lokasi ledakan tersebut.


8. Komet Shoemaker-Levy 9
Ini merupakan peristiwa tabrakan dahsyat antara Komet Shoemaker-Levy 9 dengan Planet Jupiter pada tahun 1994. Tarikan gravitasi planet raksasa itu merobek komet menjadi fragmen-fragmen selebar 3 km.

Komet tersebut menghantam permukaan Jupiter dengan kecepatan 60 km per detik, menghasilkan 21 tumbukan yang terlihat. Diperkirakan telah meledak dengan kekuatan 6.000 gigaton TNT.

Tabrakan itu menciptakan bola api sekitar 3.000 km di atas awan Jovian serta titik gelap raksasa lebih dari 12.000 km atau setara dengan ukuran Bumi.

9. Ledakan supernova
Supernova merupakan ledakan yang paling dikenal di seluruh galaksi. Supernova paling terang yang tercatat dalam sejarah terlihat di konstelasi Lupus (bahasa Latin untuk serigala) pada musim semi tahun 1006.

Ledakan emas luar biasa yang sekarang dikenal sebagai SN 1006 terjadi kira-kira 7.100 tahun cahaya jauhnya di bagian galaksi yang cukup dekat, dan cukup terang untuk menimbulkan bayangan dan dibaca di malam hari, tetap terlihat selama berbulan-bulan di siang hari.


Ledakan ini memiliki beberapa pesaing baru-baru ini. Pada tahun 2016, para astronom mendeteksi supernova ultrabright lain, bernama SN2016aps, yang memancarkan lebih banyak cahaya daripada supernova mana pun yang pernah tercatat.

Namun, karena ledakan ini terjadi 3,6 miliar tahun cahaya dari Bumi, hanya teleskop ilmiah terbaik yang mengamatinya.

10. Ledakan sinar gamma
Ledakan sinar gamma merupakan ledakan terkuat di alam semesta.

Pada 9 Oktober 2022, para astronom melihat semburan sinar gamma paling terang yang pernah tercatat, diluncurkan melintasi ruang angkasa ketika sebuah bintang besar yang terletak sekitar 2,4 miliar tahun cahaya dari bumi runtuh, melahirkan lubang hitam.

Semburan sinar gamma secara resmi disebut GRB 221009A, tetapi dijuluki The BOAT atau yang paling terang sepanjang masa, dianggap lebih terang daripada GRB berenergi tinggi lainnya. Para ilmuwan menyebutnya sebagai ledakan terbesar di alam semesta semenjak Big Bang.


(dmi)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230724192125-199-977278/10-ledakan-terbesar-dalam-sejarah-bom-atom-oppenheimer-kalah-jauh/2

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -