Ilustrasi. Amerika Serikat menguji coba rudal balistik antarbenua dengan kemampuan nuklir, Minuteman III, di California pada Rabu (6/9). (AP/Ian Dudley)



CNN Indonesia
Kamis, 07 Sep 2023 09:20 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Amerika Serikat menguji coba rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM) yang dapat membawa nuklir, Minuteman III, di California pada Rabu (6/9).
Komando Serangan Global Angkatan Udara AS menyatakan rudal tanpa isi senjata itu diluncurkan dari Pangkalan AU Vandenberg di California pada pukul 01.26 waktu setempat.

Peluru kendali ini menempuh jarak 4.200 mil ke Atol Kwajalein, Kepulauan Marshall.

"Uji coba peluncuran ini untuk memvalidasi kemampuan pencegahan kami kepada publik Amerika dan sekutu kami," kata Komandan Komando Serangan Global AU, Thomas A Bussiere, dalam pernyataan di situs resmi mereka.

Menurut pernyataan Komando Serangan Global Angkatan Udara, uji coba semacam ini telah digelar lebih dari 300 kali.

Mereka juga menegaskan uji coba itu dilakukan untuk memverifikasi keakuratan dan keandalan sistem ICBM yang bisa memberi data berharga untuk memastikan pencegahan nuklir berkelanjutan dan aman.

Kementerian Pertahanan, Kementerian Energi, dan Komando Strategis AS akan menggunakan data dari uji peluncuran untuk melanjutkan evaluasi pengembangan kekuatan rudal mereka.

Sementara itu, Komandan Kelompok Uji dan Evaluasi ke-377, Kolonel Chris Cruise, menyatakan uji coba tersebut juga dilakukan untuk mengirimkan pesan agar mencegah serangan yang tak diinginkan terhadap AS.

"Peluncuran uji coba ini untuk mengirimkan pesan pencegahan yang nyata atas nama pasukan gabungan dan mitra global kami," ungkap Cruise.

Cruise juga menyampaikan kebanggaannya terhadap para pasukan yang berhasil melakukan uji coba ini.

Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon juga mengklaim telah memberi tahu Rusia soal uji coba ini dan mematuhi standar yang berlaku.

"Sesuai dengan prosedur standar, AS telah mengirimkan pemberitahuan pra-peluncuran sesuai dengan Kode Etik Den Haag dan memberi tahu pemerintah Rusia terlebih dulu sesuai dengan kewajiban bilateral kami yang ada," kata salah satu pentolan di Pentagon, Pat Ryder, dikutip CNN.

Minuteman III sendiri secara tradisional dikenal sebagai satu-satunya nuklir AS yang berbasis darat. Dua jenis lainnya merupakan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam Trident dan senjata nuklir dibawa pembom strategis jarak jauh.

(isa/has)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230907091502-134-995858/as-sukses-uji-coba-rudal-antarbenua-yang-bisa-bawa-nuklir

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -