Presiden Rusia Vladimir Putin tidak memiliki kekuasaan untuk meluncurkan misil nuklir ke Ukraina. Foto/Reuters



Andika H Mustaqim
Sabtu, 01 Juli 2023 - 19:25 WIB

MOSKOW - Pemberontakan Wagner melemahkan Presiden Rusia Vladimir Putin. Posisi itu menyebabkan posisi Putin yang berkurang sehingga membuatnya semakin kecil kemungkinannya untuk memerintahkan serangan nuklir di Ukraina.

Padahal, sebelum pemberontakan Wagner, Putin kerap meluncurkan banyak retorika tentang penggunaan senjata nuklir dalam invasi di Ukraina. Kini, itu hanya sebatas kata-kata semata. Itu tidak lepas karena dibutuhkan kesolidan untuk meluncurkan serangan nuklir.
Berikut adalah 3 indikasi Presiden Putin tidak akan melancarkan serangan nuklir ke Ukraina.
1. Militer Rusia Terbelah


Foto/Reuters

Pemberontakan Wagner menunjukkan bahwa beberapa orang di militer bahkan mungkin tidak melaksanakan perintah serangan nuklir ke Ukraina. Pasalnya, Rusia juga akan mendapatkan balasan serangan nuklir dari NATO.

Seorang pejabat intelijen Barat mengatakan bahwa episode tersebut telah sangat melemahkan Putin, dan menunjukkan batas otoritas sebelumnya, sehingga telah "mengurangi ancaman konflik nuklir," lapor Wall Street Journal, "karena bawahan cenderung tidak akan menjalankan perintahnya. ."

Hans Kristensen, direktur Proyek Informasi Nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika, mengatakan kepada Insider bahwa elite Rusia pun tampaknya tidak sepenuhnya memahami apa yang terjadi dengan nuklir.

"Jika kurangnya perlawanan bersenjata terhadap pemberontakan Wagner terjadi karena angkatan bersenjata Rusia menolak untuk mematuhi perintah untuk menghentikannya, maka secara hipotetis dapat berarti bahwa mereka mungkin juga menolak perintah untuk melakukan tugas militer lainnya, termasuk nuklir operasi," kata Kristensen.

Itu menunjukkan kemunduran. Padahal, "operasi militer khusus" menjadi perang yang melelahkan, pemerintah Rusia secara berkala mengingatkan dunia bahwa itu adalah kekuatan nuklir yang bertekad untuk menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mengamankan keberadaannya.

Kemudian, pertanyaan terbuka apakah ada komandan atau perwira intelijen Rusia yang bersedia melaksanakan perintah terkait nuklir dari seorang pria di puncak rezim yang goyah, kecuali serangan NATO literal di Moskow. "Dan mungkin saja Putin sendiri menyadari hal ini, yang semakin mengurangi ancaman pemusnahan impulsif," kata Pavel Podvig, pakar persenjataan nuklir Rusia di Institut Riset Perlucutan Senjata PBB.

"Bukannya bawahan tidak patuh," kata Podvig kepada Insider. “Hanya saja memberi perintah seperti itu. Ini mengharuskan presiden berada dalam posisi yang sangat kuat."


2. Takut dengan Tentara Bayaran Wagner


Foto/Reuters

Pemberontakan singkat yang dipimpin oleh Yevgeny Prigozhin dan tentara bayaran Wagner-nya minggu lalu menghidupkan kembali ketakutan atas Rusia dan senjata nuklir. Itu memicu kekhawatiran kemungkinan bahwa puluhan narapidana yang menjadi tentara bayaran dapat mengendalikan nasib dunia sendiri.

Tetapi dampak dari apa yang tampaknya merupakan kudeta yang dibatalkan adalah bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah sangat lemah. Jika tidak ada upaya pamer kekuatan Wagner menuju ibu kota menunjukkan bahwa orang kuat itu mungkin tidak menikmati kekuasaan absolut sama sekali.

 

3. Hanya Permainan Retorika Putin


Foto/Reuters

Para pejabat AS menekankan bahwa meskipun kemampuan nuklir Rusia kadang-kadang bisa mengkhawatirkan, tampaknya itu hanya retorika belaka.

"Kami belum melihat adanya perubahan dalam postur nuklir Rusia," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan kepada CBS.

Padahal, selama lebih dari 20 tahun, Putin memproyeksikan citra kekuatan di dalam dan luar negeri sebagai pemimpin nuklir. Namun, sekarang, dia memimpin perang yang gagal yang dengan sendirinya melahirkan pemberontakan yang gagal, mendorong orang Rusia dan orang asing untuk bertanya-tanya apakah dia benar-benar memegang kendali.

(ahm)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1141973/45/3-indikasi-presiden-putin-tidak-akan-luncurkan-misil-nuklir-ke-ukraina-1688202478?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -