Ilustrasi kapal selam Rusia. Foto: AFP PHOTO / FRED TANNEAU



tim | CNN Indonesia
Rabu, 24 Mei 2023 14:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia berencana memindahkan kapal selam nuklir terbaru, Generalissimo Suvorov, ke pangkalan permanen di Semenanjung Kamchatka Laut Pasifik pada Agustus 2023.
Generalissimo Suvorov yang mulai beroperasi sejak akhir 2022, membawa hingga 16 rudal balistik antarbenua Bulava.

"Kapal selam Generalissimo Suvorov akan melakukan transisi antar-Angkatan Laut dari Armada Utara (di Kutub Utara) ke Armada Pasifik pada Agustus," demikian laporan TASS seperti dilansir Al Jazeera.

Generalissimo Suvorov termasuk di antara beberapa kapal baru yang ditugaskan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sejak akhir tahun lalu. Putin berjanji memperkuat angkatan laut Rusia.

"Kami akan meningkatkan kecepatan dan volume pengembangan berbagai kapal, melengkapinya dengan senjata paling modern," kata Putin akhir tahun lalu.

Putin juga menambahkan, "Secara keseluruhan, semuanya untuk memastikan keamanan Rusia secara andal, serta perlindungan kepentingan nasional kita di lautan dunia."

Beberapa waktu terakhir, Rusia semakin meningkatkan pertahanan di wilayah timur yang berbatasan dengan wilayah Asia-Pasifik.

Langkah ini memicu kekhawatiran negara-negara di kawasan seperti Jepang dan negara lainnya, yang juga tengah khawatir seiring peningkatan kekuatan militer China.

Amerika Serikat juga meningkatkan kehadiran di wilayah Pasifik minggu ini, setelah menandatangani kesepakatan pertahanan terbaru dengan Papua Nugini.

Dalam pakta pertahanan terbaru AS-PNG, militer Amerika Serikat memiliki akses untuk menggunakan lapangan terbang dan pelabuhan di Papua Nugini.

(dna)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230524132022-134-953424/rusia-bakal-tempatkan-kapal-selam-nuklir-generalissimo-di-laut-pasifik

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -