Bom atom AS pertama meledak selama pengujian di Alamogordo, New Mexico, 16 Juli 1945. Awan terbang setinggi 40 ribu kaki, dilihat dari kamera otomatis enam mil jauhnya dari lokasi. Foto: AP Photo



MAGENTA -- Ledakan, baik alami maupun buatan manusia, telah menimbulkan kekaguman dan teror selama berabad-abad.

Dari kecelakaan amunisi yang tragis, tindakan penghancuran masa perang yang disengaja, hingga bencana kosmik spontan, berikut ini enam ledakan paling kuat yang tercatat dalam sejarah, dikutip di Live Science.

6 Ledakan Terdahsyat dalam Sejarah

• Ledakan Trinity, Bom Atom Pertama dalam Sejarah

Bom atom pertama dalam sejarah, dijuluki "gadget", diledakkan di Situs Trinity dekat Alamogordo, N.M., pada 1945. Bom ini meledak dengan kekuatan sekitar 20 kiloton TNT.

Pemimpin proyek J. Robert Oppenheimer kemudian mengatakan saat dia menonton uji coba tersebut, dia memikirkan sebuah kalimat dari kitab suci Hindu Bhagavad Gita: "Saya menjadi Kematian, penghancur dunia."

Senjata nuklir kemudian mengakhiri Perang Dunia II dan menimbulkan ketakutan akan pemusnahan nuklir selama beberapa dekade. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan warga sipil di New Mexico mungkin telah terpapar ribuan kali tingkat radiasi publik yang direkomendasikan.

Foto yang diambil Jack Aeby ini adalah satu-satunya foto berwarna ledakan uji coba nuklir Trinity yang diketahui dengan baik. Foto: Jack Aeby/Los Alamos National Laboratory

 

Jack Aeby mengambil satu-satunya foto berwarna ledakan yang terkenal tersebut.

 

• Bencana Nuklir Chernobyl

Sebuah korsel yang ditinggalkan di taman terlihat kota hantu Pripyat dekat dengan pembangkit nuklir Chernobyl, Ukraina, pada 15 April 2021. Foto: AP/Efrem Lukatsky

 

Pada 1986, sebuah reaktor nuklir meledak di Chernobyl di Ukraina, yang saat itu merupakan bagian dari Uni Soviet. Itu adalah kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah.

Ledakan yang menghempaskan tutup reaktor seberat 2.000 ton, mengirimkan 400 kali lebih banyak radioaktif daripada bom Hiroshima dan mencemari lebih dari 200 ribu Km persegi Eropa. Sekitar 600 ribu orang terpapar radiasi dosis tinggi, dan lebih dari 350 ribu orang harus dievakuasi dari daerah yang terkontaminasi.

Menyusul kecelakaan itu, pihak berwenang menetapkan Zona Pengecualian Chernobyl seluas 2.700 kilometer persegi di sekitar radius pabrik. Lokasi itu saat ini tetap terlarang bagi orang-orang (meskipun beberapa orang telah kembali untuk menetap secara ilegal). Chernobyl masih dianggap sebagai salah satu tempat paling radioaktif di dunia.

 

• Bencana Kota Texas

Kebakaran di atas kapal kargo SS Grandcamp yang berlabuh di Texas City pada 1947 meledakkan 2.300 ton amonium nitrat, senyawa yang digunakan dalam pupuk dan bahan peledak tinggi. Ledakan itu menghempaskan dua pesawat dari langit dan memicu reaksi berantai yang meledakkan kilang terdekat serta kapal kargo tetangga yang membawa 1.000 ton amonium nitrat lainnya.

Kapal kedua meledak di Texas pada 1947. Foto: University of Houston Digital Library

 

Bencana tersebut menewaskan sekitar 600 orang dan melukai sekitar 3.500 orang. Ledakan ini secara umum dianggap sebagai kecelakaan industri terburuk dalam sejarah AS.

 

• Letusan Gunung Tambora

Kawah akibat letusan Gunung Tambora. Foto: tamboratrek.com

 

Pada 1815, Gunung Tambora di Indonesia meledak dengan kekuatan sekitar 1.000 megaton TNT, letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Ledakan itu mengeluarkan sekitar 140 miliar ton magma.

Tidak hanya menewaskan lebih dari 71 ribu orang di Pulau Sumbawa dan Lombok di dekatnya, abu yang dilepaskannya menciptakan anomali iklim global. Tahun berikutnya, 1816, dikenal sebagai Tahun tanpa Musim Panas, dengan salju turun pada Juni di Albany, N.Y., sungai es terlihat pada Juli di Pennsylvania, dan ratusan ribu orang meninggal karena kelaparan di seluruh dunia.

 

• Ledakan Halifax

 

Pada 1917, sebuah kapal kargo Prancis yang penuh dengan bahan peledak untuk Perang Dunia I secara tidak sengaja bertabrakan dengan kapal Belgia di pelabuhan Halifax, Kanada. Ledakan terjadi dengan kekuatan lebih dari ledakan buatan manusia sebelumnya, setara dengan kira-kira 3 kiloton TNT.

Ledakan itu mengirimkan semburan putih mengepul setinggi 6.100 meter di atas kota dan memicu tsunami yang menghanyutkan setinggi 18 meter. Sepanjang hampir dua Km di sekitar pusat ledakan, terjadi kehancuran total.

Sekitar 2.000 orang tewas dan 9.000 luka-luka. Itu tetap menjadi ledakan tak disengaja buatan terbesar di dunia.

 

• Semburan Sinar Gamma, Terbesar Sejak Big Bang

Semburan sinar gamma (GRB) adalah ledakan paling kuat yang dikenal di alam semesta. Pada 9 Oktober 2022, para astronom melihat GRB paling terang yang pernah tercatat.

Ledakan melintasi ruang angkasa ini terjadi ketika sebuah bintang masif yang terletak sekitar 2,4 miliar tahun cahaya dari bumi runtuh dan melahirkan lubang hitam. GRB secara resmi disebut GRB 221009A, tetapi dijuluki BOAT atau yang paling terang sepanjang masa.

Ledakan ini dianggap lebih terang daripada GRB berenergi tinggi lainnya dengan faktor setidaknya 10. Para ilmuwan menyebutnya sebagai ledakan terbesar di alam semesta sejak Big Bang.

 

Sumber: Republika, Monday, 24 Jul 2023, 16:00 WIB

Penulis: Ani Nursalikah

Link:https://magenta.republika.co.id/posts/229025/6-ledakan-terdahsyat-dalam-sejarah-salah-satunya-bikinan-oppenheimer

Sumber : Republika

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -