Rusia Bantah Pakai Senjata Berat di Pembangkit Listrik Nuklir Ukraina. (Foto: AP/Alexander Zemlianichenko)



CNN Indonesia

Jumat, 19 Agu 2022 00:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia membantah telah mengirimkan senjata berat ke pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Zaporizhzhia, Ukraina, Kamis (18/8).

Bantahan itu dinyatakan Rusia setelah pasukan mereka dituding menembaki posisi pasukan Ukraina dari wilayah stasiun PLTN tersebut.

"Pasukan Rusia tak memiliki senjata berat entah itu di wilayah stasiun [PLTN Zaporizhzhia] maupun di daerah sekitarnya. Hanya ada unit penjaga," demikian pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip AFP.

Kemhan Rusia juga mengklaim pemerintahan Ukraina berencana melancarkan provokasi selama kunjungan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Gutteres, ke negara itu.

Kemenhan Rusia juga mengatakan Ukraina mengerahkan pasukan ke area tersebut dan berencana meluncurkan serangan ke PLTN dari Nikopol pada Jumat (19/8).

"Kesalahan imbas [serangan] akan ditujukan ke angkatan bersenjata Rusia," lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan penting mengizinkan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memeriksa PLTN.

Ia juga meminta agar PBB 'mengusir' pasukan yang menduduki PLTN tersebut.

Stoltenberg mengatakan kendali Moskow atas pembangkit itu meningkatkan risiko kecelakaan atau insiden nuklir.

"[Rusia menggunakan] tanah di sekitar PLTN sebagai area pementasan, sebagai platform, untuk meluncurkan serangan artileri terhadap pasukan Ukraina," kata Stoltenberg pada Rabu.

Pasukan Rusia mengambil alih PLTN Zaporizhzhia pada Maret lalu. Pembangkit ini merupakan yang terbesar di Eropa.

Sebanyak enam reaktor pembangkit listrik tetap utuh, meski bangunan tambahan kompartemen unit reaktor 1 rusak.

Kesuksesan Rusia menduduki PLTN ini menjadi pukulan bagi Ukraina. Sebab, pembangkit nuklir itu memasok seperlima listrik di negara Eropa timur tersebut.

Imbas kerusakan unit 1, empat dari enam unit laun sedang didinginkan, sementara satu unit digunakan memasok energi.

(isa/rds)

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220818151652-134-836116/rusia-bantah-pakai-senjata-berat-di-pembangkit-listrik-nuklir-ukraina

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -