Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton menyesal sudah ikut melucuti ribuan senjata nuklir Ukraina. Foto/REUTERS



Muhaimin
Kamis, 06 April 2023 - 15:37 WIB

KIEV - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton menyesal sudah menekan Kiev pada 1990-an untuk menandatangani sebuah perjanjian yang mendorong Ukraina agar menyerahkan ribuan senjata nuklir warisan Soviet.

“Saya tahu bahwa Presiden [Rusia Vladimir] Putin tidak mendukung perjanjian yang dibuat oleh Presiden [Boris] Yeltsin,” kata Clinton dalam sebuah wawancara dengan media Irlandia, merujuk pada Perjanjian Budapest 1994.

Menuduh Putin melanggar perjanjian dengan memasukkan kembali Crimea ke Rusia setelah kudeta yang didukung AS di Kiev pada 2014, Clinton mengatakan dia merasa tidak enak tentang bagaimana peristiwa itu terjadi.

“Saya merasa tidak enak karena Ukraina adalah negara yang sangat penting dan saya merasa taruhan pribadi karena saya membuat mereka setuju untuk menyerahkan senjata nuklir mereka dan tidak ada dari mereka yang percaya bahwa Rusia akan melakukan aksi ini jika Ukraina masih memiliki senjata tersebut," kata Clinton, yang dilansir Sputnik, Kamis (6/4/2023).

Mantan presiden Amerika itu mendorong AS dan Eropa untuk terus mendukung Ukraina dalam perang proksi NATO-Rusia yang sedang berlangsung, dan mengatakan jika ingin ada perdamaian, itu harus sesuai dengan persyaratan Kiev.

"Mungkin akan tiba waktunya ketika pemerintah Ukraina percaya bahwa mereka dapat memikirkan perjanjian damai yang dapat mereka jalani, tetapi saya tidak berpikir kita semua harus memotong dan menjalankannya," kata Clinton.

Komentar tersebut adalah yang kedua kalinya dalam setahun mantan presiden AS itu menimpali bagaimana kebijakan pemerintahannya membantu menyebabkan krisis saat ini di Ukraina, dan dalam hubungan Rusia-AS.

April lalu, Clinton mengatakan bahwa dia telah membuat keputusan yang “benar” untuk memperluas NATO pada 1990-an, dengan mengatakan kekhawatirannya saat itu adalah bukan tentang kembalinya Rusia ke komunisme, tetapi tentang kembali ke ultranasionalisme, menggantikan demokrasi dan kerja sama dengan aspirasi ke kekaisaran, seperti Peter the Great dan Catherine the Great.

Dalam artikel op-ed tahun 1997 di New York Times, George Kennan, penulis "doktrin penahanan" tahun 1940-an melawan Uni Soviet, memperingatkan bahwa dorongan ekspansi aliansi NATO ke arah timur akan menjadi kesalahan kebijakan Amerika yang paling menentukan di seluruh dunia pasca-era Perang Dingin, merusak kepercayaan dengan Rusia, dan mendorong kebijakan luar negeri Rusia ke arah yang tidak disukai Amerika.

Para pejabat senior Clinton juga menyatakan keprihatinannya, di mana Ketua Kepala Staf Gabungan John Shalikashvili mengatakan sebelum ekspansi dimulai bahwa Moskow tidak cukup dewasa untuk memahami keanggotaan NATO yang diperluas, dan bahwa Washington tidak boleh mempertaruhkan persepsi Rusia tentang ekspansi NATO dengan mengorbankan Rusia.

Pemerintahan Clinton pertama kali secara terbuka mengumumkan kemungkinan perluasan NATO pada musim panas 1993-–hanya dua tahun setelah James Baker, menteri luar negeri mantan presiden George H.W. Bush, meyakinkan pemimpin Soviet saat itu Mikhail Gorbachev bahwa jika Moskow menyetujui penyatuan Jerman Timur dan Barat, blok Barat akan berkomitmen untuk tidak memperluas "satu inci ke timur" di luar batas bekas Republik Demokratik Jerman.

Ribuan Senjata Nuklir Ukraina Dilucuti

Menurut laporan Sputnik, setelah Uni Soviet runtuh, Ukraina mewarisi lebih dari 1.700 hulu ledak nuklir, 200 lebih rudal balistik antarbenua, dan 38 pesawat pengebom nuklir berat, menjadikan negara itu kekuatan senjata nuklir terkuat ketiga di dunia dalam semalam.

Namun, kode peluncuran untuk senjata ini tidak pernah berada di tangan Kiev, dan dikendalikan oleh Presiden Yeltsin di Moskow sampai dipindahkan ke pihak Rusia, dan selanjutnya dihancurkan.

Perjanjian Budapest 1994 telah diangkat berulang kali dalam lingkaran hubungan internasional Barat selama setahun terakhir, dengan AS dan sekutunya menuduh Moskow melanggar ketentuan perjanjian dan kewajibannya agar para penandatangan “menahan diri dari ancaman atau penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan Ukraina.

Rusia menolak tuduhan itu dengan mengatakan Ukraina sendiri telah berkomitmen untuk menolak senjata nuklir dalam deklarasi kedaulatan negara tahun 1990.

Moskow mencatat bahwa sindiran terhadap netralitas Ukraina secara sistematis dirusak oleh revolusi warna yang didukung AS dan Uni Eropa di negara tersebut, dan keputusan pemerintah pro-Barat untuk mengubah konstitusi untuk merencanakan “jalan strategis” untuk bergabung dengan Uni Eropa dan NATO pada tahun 2018.

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1066113/41/bill-clinton-menyesal-sudah-lucuti-ribuan-senjata-nuklir-ukraina-1680768257

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -