Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan murka dengan PM Benjamin Netanyahu setelah salah satu menterinya mengancam nuklir warga Gaza. (REUTERS/CAGLA GURDOGAN)



tim | CNN Indonesia
Kamis, 16 Nov 2023 19:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengancam rakyat Palestina di Gaza dengan bom nuklir. 
Erdogan menyampaikan seruan itu ketika berpidato di acara partai AKP setelah Menteri Warisan Israel sebelumnya mengatakan adanya kemungkinan menuklir warga di Jalur Gaza.

"Saya katakan kepada Netanyahu, Anda memiliki bom atom, bom nuklir, dan Anda mengancam (warga di Gaza) dengan bom tersebut," kata Erdogan pada Rabu (15/11), seperti dikutip dari CNN.

"Kami tahu (kejahatan Israel) ini. Dan akhirmu (Netanyahu) sudah dekat. Tidak peduli apa yang Anda punya, Anda sedang menuju akhir Anda," paparnya menambahkan.

Erdogan juga membela milisi Hamas Palestina yang dinilainya bukan organisasi teroris seperti anggapan Israel dan sekutu-sekutunya, Amerika Serikat Cs.

"Hamas bukan lah organisasi teroris, namun sebuah kelompok pembebasan yang berjuang untuk melindungi tanah dan warganya," papar Erdogan.

Sebelumnya, Menteri Warisan Isarel Amihay Eliyahu menyebut ada opsi untuk menggunakan bom nuklir di Gaza, Palestina, di tengah agresi di wilayah tersebut.

"Ini salah satu cara," katanya singkat saat itu.

Komentar itu lalu menjadi pemberitaan di berbagai media Arab. Usai viral, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mendisiplinkan Eliyahu.

Kantor PM Israel juga menyatakan Eliyahu telah diskors dari sejumlah pertemuan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

"Pernyataan Eliyahu tidak didasarkan pada kenyataan. Israel dan IDF (Pasukan Pertahanan Israel) beroperasi sesuai dengan standar tertinggi hukum internasional untuk menghindari melukai orang yang tidak bersalah," demikian bunyi pernyataan kantor Netanyahu saat itu.

Alih-alih menghentikan gempuran ke Jalur Gaza, Israel terus membombardir wilayah yang dikuasai Hamas tersebut. Israel bahkan mulai membombardir Rumah Sakit Al Shifa setelah mengepung rumah sakit terbesar di wilayah itu.

Israel berdalih Hamas telah menyembunyikan situs komando dan terowongan bahwa tanah mereka di rumah sakit di Gaza, termasuk RS Al Shifa. Namun, Hamas membantah keras dengan klaim Israel itu.

Per Rabu (15/11), korban tewas akibat agresi Israel di Jalur Gaza mencapai 11.500 orang, termasuk 4.710 anak-anak dan 3.160 perempuan. Sementara, sekitar 29.800 orang lainnya luka-luka.

(pra/pra)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20231116185034-120-1025245/amarah-erdogan-soal-menteri-israel-ancam-nuklir-warga-di-gaza

Sumber : CNN Indonesia

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -