Presiden Rusia Vladimir Putin dikhawatirkan akan nekat menekan tombol komando serangan nuklir jika dalam kondisi putus asa. Foto/REUTERS



Muhaimin
Senin, 15 Mei 2023 - 09:34 WIB

TALLINN - Presiden Estonia Alar Karis mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin secara medis tidak gila dan kemungkinan tidak akan menggunakan senjata nuklir dalam perangnya di Ukraina.

Namun, lanjut dia, pemimpin Kremlin itu kemungkinan akan nekat menekan tombol komando serangan nuklir jika menemukan dirinya dalam situasi yang sangat putus asa.

Berbicara dengan Newsweek di istana kepresidenan menjelang Konferensi Lennart Meri di Tallinn, Karis mengatakan bahwa dia tidak terlalu khawatir bahwa Kremlin akan memberikan pada ancaman serangan senjata nuklirnya yang sudah usang.

Menurutnya, dirinya dan para pemimpin Barat lainnya harus bersiap untuk kemungkinan seperti itu.

"Ada sangat sedikit orang yang dekat dengan Putin yang benar-benar tahu. Tapi dia pasti tidak gila, setidaknya dalam istilah medis. Artinya dia tahu persis apa yang dia lakukan," kata Karis tentang mentalitas presiden Rusia.

"Tapi tidak banyak informasi, Anda bisa berspekulasi ketika Putin mulai mengganti jenderal bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginannya," ujarnya, yang dilansir dari Newsweek, Senin (15/5/2023).

"Jika Rusia menjadi sangat putus asa—dan saya tidak akan mengatakannya secara kebetulan, tetapi bahkan mungkin sengaja—mereka mungkin menekan tombol," kata presiden Estonia itu, mengacu pada persenjataan nuklir Moskow.

"Tapi tidak semudah itu. Bukannya Anda memiliki tombol di sudut, lalu Anda pergi dan menekannya. Masih ada langkah-langkah tertentu yang harus diikuti," paparnya.

Karis melanjutkan: "Saya tidak terlalu khawatir. Tapi saya tetap harus mewaspadai kemungkinan hal ini terjadi. Artinya harus siap, setidaknya secara mental memikirkan apa yang harus kita lakukan nanti," imbuh dia.

Sementara para pemimpin Barat telah berulang kali menyatakan prioritas mereka untuk menghindari konflik langsung NATO-Rusia yang dapat berubah menjadi perang nuklir, para pejabat secara bersamaan membingkai serangan senjata nuklir Putin sebagai upaya untuk menakut-nakuti para pendukung Kiev dan merusak dukungan Barat yang bersatu untuk Ukraina.

Direktur Intelijen Nasional AS Avril Haines, misalnya, mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat awal bulan ini tentang potensi penggunaan senjata nuklir Rusia. "Sangat tidak mungkin, menurut penilaian kami saat ini," katanya.

Ancaman serangan nuklir yang lebih baru—seperti niat Putin yang diumumkan untuk mengerahkan hulu ledak nuklir taktis di Belarusia—tampaknya tidak banyak membantu. Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengatakan langkah itu adalah usahanya untuk menggunakan ancaman ini dengan cara yang terkelola.

Spekulasi tentang kesehatan Putin dan kontrol politik telah lama merebak, dan semakin diperparah oleh pertengkaran publik antara pemain-pemain top Rusia seperti Yevgeny Prigozhin dan Ramzan Kadyrov, serta hierarki militer reguler Rusia yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

Laporan menunjukkan keluhan yang signifikan di antara elite bisnis dan politik Rusia mengingat biaya tinggi dan imbalan yang relatif kecil selama lebih dari satu tahun perang skala penuh di Ukraina.

Namun, Putin telah menggunakan invasi untuk lebih menekan oposisi terorganisir di dalam negeri, dan hanya sedikit elite yang bersedia untuk memutuskan hubungan dengan Kremlin di depan umum.

Bahkan jika perang Putin di Ukraina menjadi yang terakhir, Karis memperingatkan bahwa tidak ada jaminan bahwa penggantinya—posisi yang tidak memiliki kandidat yang jelas—akan memilih jalan yang berbeda.

"Bahkan jika Putin tidak ada lagi, mungkin akan ada yang lain untuk sementara waktu, dan mungkin perlu waktu sebelum kita mendapatkan seorang pemimpin yang mau bekerja sama dengan seluruh dunia," katanya.

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1098219/41/presiden-estonia-putin-tidak-gila-tapi-mungkin-akan-tekan-tombol-serangan-nuklir-1684116338?showpage=all

Sumber : Sindonews

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -