Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Ruang Oval Gedung Putih di Washington, 21 September 2023. REUTERS/Kevin Lamarque



Senin, 3 Juni 2024 10:13 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Akhirnya, negara-negara Barat setuju untuk memasok tank, rudal, dan jet tempur kepada Ukraina. Rusia baru-baru ini bergerak maju dan terus mengebom Kharkiv, kota kedua terbesar di Ukraina, tanpa henti. Jawaban "ya" terbaru dari Amerika Serikat dan hampir selusin negara Barat memberikan izin kepada Ukraina untuk menggunakan persenjataan canggih yang telah mereka pasok - atau yang akan mereka pasok dalam waktu dekat - untuk menyerang di dalam wilayah Rusia.  

Sebelumnya, Washington dan sekutu-sekutunya takut memusuhi Rusia, yang Presidennya Vladimir Putin telah berulang kali menyatakan bahwa penggunaan senjata nuklir ada di atas meja jika Ukraina atau Barat melewati "garis merah" lain seperti penembakan Krimea dan proyek kesayangan Putin, sebuah jembatan yang menghubungkannya ke daratan Rusia.

Namun, Ukraina telah melewati banyak rintangan militer dan politik, termasuk pengusiran pasukan Rusia dari daerah yang diduduki dan serangan pesawat tak berawak di lapangan terbang, pangkalan militer, pelabuhan, dan depot minyak jauh di dalam Rusia. Tindakan-tindakan ini telah membuat Moskow geram, tetapi tidak cukup untuk menggunakan senjata nuklir.

Apakah Barat memberi izin tak bersyarat?  

Jawaban "ya" terbaru dari Barat, yang datang pada hari Kamis dan menyusul permohonan berbulan-bulan dari Kyiv, lebih bersifat "ya, tapi".

Gedung Putih mengatakan bahwa Kyiv dapat mulai menggunakan senjata yang dipasok AS untuk "serangan terbatas" di dalam Rusia - tetapi hanya di daerah yang berdekatan dengan wilayah Kharkiv timur laut yang terletak di sepanjang perbatasan Rusia.  

Pasukan Rusia merebut wilayah itu dan ibu kota administratifnya pada awal 2022, tetapi terdesak keluar beberapa bulan kemudian setelah manuver yang didalangi oleh jenderal tertinggi Ukraina saat ini, Oleksandr Syrskii.  

Moskow melanjutkan upayanya untuk mengambil alih Kharkiv pada awal Mei, merebut beberapa desa perbatasan di sebelah wilayah Belgorod, Rusia barat. Artileri yang ada di daerah tersebut memungkinkan pasukan untuk maju ke target Ukraina dan kemudian mundur kembali ke wilayah Rusia, di mana mereka tahu bahwa mereka akan aman dari pasukan pertahanan Ukraina.  

Pernyataan terbaru Gedung Putih yang berbunyi "ya, tapi" berlaku untuk sistem pertahanan udara, artileri, dan roket berpeluru kendali. Masih ada larangan serangan rudal jarak jauh.

Senjata apa saja yang bisa digunakan Ukraina?  

Senjata Barat lainnya yang kini dapat digunakan untuk menyerang Rusia termasuk 24 jet tempur F-16 Belanda yang dipersenjatai dengan rudal jarak jauh, dan jet-jet era Soviet yang dipasok oleh Polandia, Slovenia, Slovakia, dan Makedonia Utara - negara-negara yang juga telah memberikan izin dalam beberapa hari terakhir.  

Para pilot Ukraina akan segera menyelesaikan pelatihan selama berbulan-bulan untuk menerbangkan F-16 dan dapat menerbangkan serangan mendadak pertama mereka dalam beberapa minggu ke depan. Hingga saat ini, misi mereka harus terbatas pada wilayah udara Ukraina. Sekarang tidak lagi.  

Jet-jet tersebut - bersama dengan beberapa pesawat Soviet milik Ukraina - akan bebas meluncurkan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara buatan Prancis yang dikenal sebagai rudal EG Systeme de Croisiere Autonome a Longue Portee (SCALP).  

Inggris belum memberikan izin untuk menggunakan rudal kembaran SCALP yang hampir identik, Storm Shadow - tetapi sebelumnya telah mengizinkan penggunaan pesawat tak berawak serangnya di wilayah Rusia. Turki juga mengizinkan Ukraina untuk menggunakan drone Bayraktar di sana.  

AS, Inggris, Jerman, dan Norwegia telah memasok Ukraina dengan peluncur berbasis darat untuk rudal HIMARS dan ATACMS. senjata-senjata ini terbukti efektif dalam serangan terhadap Krimea yang dianeksasi dan wilayah-wilayah Ukraina yang diduduki.

Namun, Rusia dalam beberapa minggu terakhir mulai menggunakan sistem pengacau elektronik canggih untuk membuat rudal-rudal yang dipandu satelit ini - bersama dengan peluru artileri Excalibur yang dipandu GPS - menjadi tidak efektif.  

"Mereka [Rusia] sangat maju," kata Letnan Jenderal Ihor Romanenko, mantan wakil kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina. "Kami menanggapinya dengan serius. Kami harus menciptakan cara kami sendiri untuk menekan gangguan elektronik mereka dan menciptakan sistem gangguan kami sendiri," katanya kepada Al Jazeera.

Apakah izin ini dapat berdampak signifikan untuk membalikkan keadaan?  

Namun, izin dari Barat tidak akan menjadi pengubah permainan.  

"Tidak ada meja yang akan berubah. Dalam beberapa bulan ke depan, kita berbicara tentang menahan Rusia," kata analis yang berbasis di Kyiv, Igar Tyshkevych, kepada Al Jazeera.  

Izin tersebut menyusul upaya Barat untuk "menemukan kompromi dengan Rusia," katanya. "Hal ini perlahan-lahan berubah karena Rusia menunjukkan wajah aslinya - sebuah kekaisaran yang mencoba menjalankan kebijakan sesuai dengan pola abad ke-19."  

Keputusan itu menyusul "pengeboman yang terus-menerus dan biadab" di Kharkiv dan kota-kota perbatasan lainnya serta rencana Rusia untuk memulai serangan di Ukraina utara, di pertemuan wilayah Kharkiv dan Sumy yang berhutan, kata Nikolay Mitrokhin, seorang peneliti di Universitas Bremen, Jerman.  

Serangan terhadap Kharkiv mungkin akan dimulai dalam beberapa minggu setelah pengerahan puluhan ribu prajurit Rusia yang baru saja menjalani wajib militer dan terlatih.  

"Pasukan Ukraina tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk melindungi perbatasan, dan harus menyerang dari hutan yang cukup jauh dari perbatasan," kata Mitrokhin kepada Al Jazeera.  

Ukraina menghadapi kekurangan prajurit baru. Selama berbulan-bulan, pemerintahan Presiden Volodymyr Zelenskyy menunda mobilisasi, karena takut akan protes publik, dan tidak membiarkan para veteran yang sudah berpengalaman dan lelah berperang untuk melakukan demobilisasi. Kekurangan pasukan bertepatan dengan menipisnya senjata dan amunisi setelah penundaan pasokan dari Barat selama berbulan-bulan.  

Dalam beberapa minggu terakhir, tim wajib militer dan polisi telah menahan ribuan orang di tempat-tempat umum, dari stasiun kereta bawah tanah hingga kemacetan lalu lintas.  AL JAZEERA

Sumber : https://dunia.tempo.co/read/1875242/lampu-hijau-gunakan-senjata-barat-di-wilayah-rusia-mampukan-ukraina-membalikkan-kekalahan?page_num=3

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -