Rusia mempertimbangkan mengubah doktrin nuklirnya karena tindakan eskalasi yang dilakukan AS dan sekutu-sekutu NATO-nya. Foto/REUTERS



Muhaimin
Kamis, 13 Juni 2024 - 08:00 WIB

MOSKOW - Rusia mempertimbangkan untuk mengubah doktrin nuklirnya jika tindakan eskalasi yang dilakukan Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutu NATO-nya memaksa Moskow untuk melakukan hal tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov kepada wartawan di sela-sela pertemuan tingkat menteri BRICS di Nizhny Novgorod.

Ryabkov mengakui bahwa situasi internasional menjadi semakin rumit dan perubahan pada postur nuklir Rusia tidak dapat dikesampingkan.

“Tantangan-tantangan yang semakin besar akibat tindakan Amerika Serikat dan sekutu-sekutu NATO-nya yang tidak dapat diterima dan meningkat, tidak diragukan lagi menimbulkan pertanyaan besar tentang bagaimana dokumen-dokumen dasar dalam pencegahan nuklir dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat ini,” kata Ryabkov, seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (13/6/2024).

Diplomat tersebut menolak untuk menguraikan sifat sebenarnya dari potensi amandemen doktrin nuklir tersebut, dan menjelaskan bahwa Moskow tidak memiliki praktik untuk mencakup terlebih dahulu perubahan apa yang dapat dilakukan sebelum keputusan sebenarnya diambil.

Pernyataan tersebut muncul tak lama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin kembali menegaskan pendirian Moskow mengenai penggunaan senjata nuklir sebagai pilihan terakhir.

Berbicara dalam panel tanya jawab di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg (SPIEF) pekan lalu, presiden menekankan bahwa Rusia bukanlah negara pertama yang menggunakan retorika nuklir yang agresif.

Doktrin nuklir Rusia saat ini, kata Putin, mengizinkan penggunaan senjata atom hanya dalam kasus-kasus luar biasa dan situasi saat ini sebenarnya tidak memenuhi syarat untuk menggunakan senjata atom.

Presiden menyatakan harapannya agar perang nuklir besar-besaran tidak terjadi, dan menambahkan bahwa konflik semacam itu akan mengakibatkan korban yang tak terhitung jumlahnya bagi semua orang.

Putin juga memperingatkan negara-negara NATO di Eropa agar tidak melakukan retorika dan tindakan yang semakin agresif, dengan menyatakan bahwa merekalah yang paling menderita jika terjadi konflik nuklir global, dengan alasan bahwa AS tidak akan benar-benar membantu mereka.

“Negara-negara Eropa harus berpikir: jika pihak-pihak yang melakukan pertukaran nuklir dengan kita dilenyapkan, akankah Amerika terlibat dalam pertukaran tersebut, pada tingkat senjata strategis, atau tidak? Saya sangat meragukannya,” kata Putin.

(mas)

Sumber : https://international.sindonews.com/read/1395491/41/rusia-pertimbangkan-ubah-doktrin-nuklir-karena-as-dan-nato-1718237166

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -