Presiden Vladimir Putin mengungkap kapan Rusia akan menggunakan senjata nuklirnya. Foto/REUTERS/Stringer



Muhaimin
Kamis, 06 Juni 2024 - 09:43 WIB

MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengungkap kapan Rusia akan menggunakan senjata nuklirnya.

Itu disampaikan dalam konferensi pers yang langka dengan media asing di sela-sela Forum Ekonomi Internasional St Petersburg pada hari Rabu.

“Untuk beberapa alasan, Barat percaya bahwa Rusia tidak akan pernah menggunakannya,” kata Putin, ketika menjawab pertanyaan kapan Rusia akan menggunakan senjata nuklir.

Putin mengatakan penggunaan senjata tersebut tetap sesuai dengan doktrin nuklir Rusia tahun 2020.

Dokumen doktrin tersebut memberi wewenang kepada pemerintah Rusia untuk mempertimbangkan opsi serangan nuklir jika senjata pemusnah massal digunakan untuk melawan negaranya atau jika keberadaan negara terancam.

“Kami memiliki doktrin nuklir. Lihat apa yang tertulis di dalamnya. Jika tindakan seseorang mengancam kedaulatan dan integritas wilayah kami, kami menganggap mungkin bagi kami untuk menggunakan segala cara yang kami miliki," kata Putin, seperti dikutip Reuters, Kamis (6/6/2024).

"Hal ini tidak boleh dianggap enteng dan dangkal," lanjut Putin.

Dalam kesempatan tersebut, sang presiden juga menepis kekhawatiran Barat bahwa Rusia akan menyerang negara-negara NATO.

“Anda tidak seharusnya menjadikan Rusia sebagai musuh. Anda hanya menyakiti diri Anda sendiri dengan ini, tahu?” kata Putin.

Pasal 5 Perjanjian NATO menetapkan bahwa serangan terhadap satu negara dalam organisasi itu dianggap sebagai serangan terhadap seluruh anggota.

Putin telah berulang kali menolak gagasan Rusia akan melancarkan serangan terhadap NATO, meskipun ada ketegangan dengan negara-negara anggotanya.

Namun Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kepada CBS News awal tahun ini bahwa agresi Putin dapat mencapai Eropa, sehingga mendorong respons NATO. Pada bulan April, pemimpin militer Jerman mengatakan “serangan terhadap wilayah NATO mungkin terjadi” dalam lima hingga delapan tahun.

Meski begitu, Putin menegaskan kembali pendiriannya.

“Mereka mengira Rusia ingin menyerang NATO,” katanya. “Apakah Anda sudah benar-benar gila? Itu setebal meja ini. Siapa yang mencetuskan hal ini? Itu hanya omong kosong belaka, Anda tahu? Benar-benar sampah!” kata Putin.

(mas)

Sumber : https://international.sindonews.com/read/1390813/41/putin-ungkap-kapan-rusia-gunakan-senjata-nuklir-jangan-anggap-enteng-1717639615?showpage=all

Tags : Senjata Nuklir

Artikel Terkait


Komentar


Daftar Komentar


- 0 -